Ini Tips Nikmati Libur Panjang yang Aman dari Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Libur panjang sebentar lagi akan datang. Tentu sudah ada rencana mengisi waktu libur dengan berrekreasi. Tetapi, liburan kali beda lho dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, ada pandemi Covid-19 yang bisa mengancam siapa saja.

Agar aman, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Tips dari Ketua Departemen Epidemiologi UI, Tri Yunis Miko Wahyono, ini dapat mencegah potensi tertularnya Covid-19.

“Kuncinya adalah menghindari penularan melalui droplet,” ujar Tri, dikutip dari Covid19.go.id.

Baca Juga:  Camat Purwakarta Bantu Suryadi Penghuni Gubuk Ukuran 2x4 Meter

Tips pertama, hindari percikan air liur saat berbicara. Penularan virus corona terjadi melalui penyebaran droplet, dari percikan air liur saat berbicara. Karena itulah masyarakat diminta patuh memakai masker dan jaga jarak serta menghindari kerumunan. Sedangkan masker yang digunakan berbahan kain hanya melindungi 70 persen, masker bedah hanya 80-90 persen, dan masker paling aman jenis N95.

Baca Juga:  Bupati Majalengka Sambut Baik Wacana Pemindahan Ibukota Jabar

Kedua, hindari kerumunan yang menyebabkan tak ada jarak. Pilih daerah wisata yang tak terlalu padat karena menghindari potensi penyebaran virus corona.

Ketiga, status zonasi lokasi wisata yang bakal dituju apakah hijau, kuning, oranye, atau merah sebaiknya diketahui lebih awal. Status itu bisa diketahui lewat laman resmi Covid19.go.id atau menanyakan langsung ke kantor pemerintahan setempat. Disarankan pilih lokasi hiburan di zona hijau yang relatif lebih aman.

Baca Juga:  Sejumlah Kecamatan Jadi Langganan Banjir, Ini Kata BPBD Ciamis

Keempat, pastikan lokasi hiburan di tempat terbuka seperti pantai atau wisata pegunungan. Hindari ruangan tertutup yang tidak masuk cahaya matahari dan udara.

Kelima, pastikan kondisi tubuh fit sebelum memutuskan berangkat liburan. Jika kondisi fisik bermasalah sebaiknya tunda perjalanan dan lebih baik mencari hiburan di dekat rumah dengan jarak terjangkau. (Red)