JMN Channel


Laporan Tahunan Jokowi Ma'ruf: Pulih dan Bergerak Maju (Part 7)

Pilar 4: Reformasi Birokrasi dan Regulasi. Jalan Terjal Reformasi Birokrasi dan Regulasi

Presiden Joko Widodo. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

JABARNEWS | BANDUNG - Tekad mencapai negara maju hanya bisa dilakukan dengan cara cara luar biasa. Pemerintah termasuk birokrat harus mereformasi diri. Tidak hanya pola pikir tapi juga pada etos kerja. Tidak semata berorientasi pada proses tetapi juga hasil. Tidak sekedar sent tapi making delivered. Birokrasi tak sekedar melaksanakan sebuah kebijakan tapi memastikan masyarakat menikmati layanan. Kuncinya adalah kecepatan melayani, memberikan izin.

Struktur organisasi perlu disederhanakan menjadi fungsional sesuai kompetensi. Birokrasi bersih, pemangkasan izin, penyelamatan keuangan negara menjadi strategi nasional pencegahan korupsi. Reformasi Birokrasi dilakukan seiring dengan Reformasi Regulasi. Penyederhanaan regulasi di antaranya melalui Undang-Undang Cipta Kerja.

Baca Juga:

Hore! Atlet Paralimpiade Tokyo 2020 Dapat Bonus Dari Presiden Jokowi, Segini Jumlahnya

DPRD Jabar: Kompetensi Program Kesehatan Harus Ditingkatkan pada Masa Pandemi



Pangkas Aturan Efektifkan Birokrasi - Pemerintah menerobos penghalang yang membuat dunia usaha sulit bertumbuh di Indonesia. Penyebabnya adalah banyaknya aturan yang saling tumpang tindih dan memperpanjang birokrasi izin yang berpotensi korupsi.

Omnibus law menjadi solusi mengurai keruwetan aturan. Undang-Undang Cipta Kerja salah satunya, meringkas 79 UU dan menyatukan 11 klaster menjadi satu aturan. Metode omnibus law diharapkan jadi obat yang cespleng menghasilkan produk hukum yang efisien dan aspiratif.

Demi Gerak Kian Lincah - Pemerintah memangkas lembaga non struktural yang fungsinya saling tumpang tindih agar efektif dan efisien. Eselon disederhanakan hanya dua level saja. Perannya digantikan jabatan fungsional yang menghargai kompetensi. Birokrasi yang lincah ini dipastikan untuk mencapai tujuan pembangunan. Tidak ada ampun bagi birokrat yang tidak serius dalam bekerja.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Laporan Tahunan Presiden Jokowi Wakil Presiden Ma’ruf Amin Kantor Staf Kepresidenan Pandemi Covid-19 Program Pemerintah Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Puluhan Ibu Hamil di Serdang Bedagai Ikuti Vaksinasi Dosis Pertama

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi