JMN Channel


KPK Gali Temuan Kemendagri Soal Dana Pemda Disimpan di Bank

Para kepala daerah bisa saja tidak menyadari ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan keuntungan dari dana yang disimpan tersebut.

Ilustrasi- Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggali informasi mengenai temuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal adanya dana pemerintah daerah (pemda) senilai Rp252,78 triliun disimpan di bank dalam bentuk deposito.

"Jadi, KPK lebih dahulu menggali data, mengumpulkan info dari Kemendagri tersebut. Kemudian mengumpulkan data dan keterangan baru lebih lanjut KPK akan menentukan sikap apakah akan melakukan proses penyelidikan atau tidak," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga:

Diuntungkan, Inisial HK Intervensi Proses Hukum Aa Umbara di KPK?

Ke Cirebon, Tito Karnavian Minta Insentif Nakes Segera Dibayarkan



Menurut dia, jika ada unsur kesengajaan dari para kepala daerah yang menyimpan dana tersebut di bank untuk mendapatkan keuntungan tertentu maka hal tersebut bagian dari tindak pidana korupsi.

Namun, ia mengatakan jika dana tersebut sengaja "diparkir" di bank karena memang tidak dapat digunakan akibat kondisi COVID-19 maka tidak ada unsur tindak pidana korupsi.

Selain itu, ia juga menyatakan para kepala daerah bisa saja tidak menyadari ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan keuntungan dari dana yang disimpan tersebut.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Mendagri Tito Karnavian KPK Komisi Pemberantasan Korupsi Temuan Kemendagri Dana Pemda Deposito Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi