aqua

Laporan Tahunan Jokowi Ma'ruf: Pulih dan Bergerak Maju (Selesai)

Penutup Laporan Tahunan 2020.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-75 di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/8/2020). (Foto: Sekretariat Presiden)

JABARNEWS | BANDUNG - Laporan ini sebenarnya lebih mirip catatan dan rekam jejak bahwa Presiden senantiasa berusaha memenuhi janjinya. Tetap berpegang pada mimpinya untuk meletakkan fondasi bagi Indonesia Maju, Presiden bertekad melaksanakan visi dan misi yang disampaikan saat pelantikan – 20 Oktober 2019 – untuk mewujudkan lima arahan strategis menuju masyarakat Indonesia yang mandiri, maju adil dan makmur: meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia, keberlanjutan pembangunan infrastruktur, transformasi ekonomi, penyederhanaan regulasi dan reformasi birokrasi.

Apa yang dilakukan dalam setahun ini, sesungguhnya adalah kelanjutan dari periode sebelumnya. Kinerja pemerintahan, melalui berbagai program pemerintah merupakan bagian dari rencana pembangunan yang harus diimplementasikan oleh semua kementerian dan lembaga. Secara keseluruhan, banyak capaian kinerja sesuai rencana, namun tak sedikit yang mengalami penjadwalan ulang karena situasi dan kondisi.

Baca Juga:

Pandemi Belum Usai, Kesadaran Prokes Menjadi Kunci Hentikan Virus Corona

[INFOGRAFIS] Pakai Masker: Tutupi Hidung, Mulut Hingga Dagu



Pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, menjadi faktor yang mempengaruhi berbagai rencana dan program. Efek domino pandemi berupa krisis di segala sektor adalah tantangan yang harus dihadapi. Penjadwalan program terpaksa dilakukan, karena prioritas utama adalah menyelamatkan rakyat dari wabah, sekaligus agar krisis kesehatan tak menjadi krisis kemanusiaan.

Justru dalam situasi krisis seperti inilah, Presiden Joko Widodo menyerukan kebangkitan baru. Targetnya bukan hanya lepas dari pandemi, tapi membuat lompatan kemajuan di segala sektor. Mumpung peta global lagi dinamis akibat pandemi di mana negara-negara besar di dunia mengalami kemunduran.

Transformasi dan reformasi dilakukan di tengah segala keterbatasan. Refocusing dan realokasi anggaran diprioritaskan pada penanganan kesehatan, pemulihan sosial dan ekonomi. Terutama upaya menangani penyakit menular, pola hidup sehat warga dan pelayanan kesehatan yang lebih prima bagi masyarakat. Di bidang ekonomi, usaha mikro kecil dan menengah serta koperasi menjadi prioritas untuk didorong lebih maju, dengan transformasi digital. Juga Kartu Prakerja untuk antisipasi pengangguran baru dan yang terkena PHK. Jangka panjang adalah pelaksanaan UU Cipta Kerja yang didesain untuk mengantisipasi pengangguran yang selalu bertumbuh dengan penciptaan lapangan kerja.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Laporan Tahunan Presiden Jokowi Wakil Presiden Ma’ruf Amin Kantor Staf Kepresidenan Pandemi Covid-19 Program Pemerintah Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Pilkada 2020, Polri: Gakkumdu Temukan 3.800 Pelanggaran

Tinjau Penyaluran BPUM, Kasatpol PP Sergai Ingatkan Warga 3M

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi