Sekda Jabar Tinjau Kawasan Bandung Utara, Ini Yang Dilakukan

Vegetasi atau tumbuh-tumbuhan di KBU juga menjadi pertimbangan perizinan

Sekda Jabar kunjungi Kawasan Bandung Utara (Foto: Net)

Adapun KBU memerlukan perhatian khusus dalam tata ruang dan lingkungan karena terdapat potensi bencana dan masalah konservasi. Perizinan terkait tata ruang dan pemanfaatan alam pun harus betul-betul diperhatikan demi merawat dan menjaga KBU.

"KBU punya fungsi ekologi untuk masyarakat Bandung Raya dari sisi air, pencemaran, sampah, air limbah, hingga udara. Atas dasar fungsi-fungsi itulah, kami harus tahu (secara nyata) perizinan di kawasan KBU," kata Setiawan.

Baca Juga:

Gilang Angga Kusuma Gabung Ke Akademi Persib, Ini Kata Asep Rahmat Saputra

Sebagai Penyintas, Dewi Perssik Donorkan Plasma Bantu Pasien Covid-19



Ia menambahkan, konsolidasi dengan para kepala daerah kabupaten/kota di KBU juga perlu diperkuat untuk menyamakan pandangan dalam memberikan izin, terutama untuk menjaga fungsi lingkungan.

Selain itu, vegetasi atau tumbuh-tumbuhan di KBU juga menjadi pertimbangan perizinan. Pasalnya, Setiawan menjelaskan, ada beberapa jenis vegetasi yang memang harus tumbuh di dataran tinggi, termasuk KBU. Alih fungsi lahan tanpa kajian pun mendatangkan bencana alam.

"Jadi (vegetasi) harus dijaga. Kalau KBU hilang fungsi ekologinya, bisa timbul berbagai masalah, mulai dari air, kesehatan, hingga bencana," tutur Setiawan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Sekda Jabar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Kawasan Bandung Utara KBU Pemprov Jabar Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Jabar Terkini Berita Hyperlokal Jawa Barat

berita terkait

Sah! Erick Thohir Jabat Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah

Mencegah Panas Dalam Hingga Kanker, Ini Manfaat Daun Saga

Purwakarta Sering Diguyur Hujan, Begini Pesan Kadis DPKPB

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi