Mahasiswa Unpad Kembangkan Odol Bentuk Tablet, Cocok buat Travelling

JABARNEWS | BANDUNG – Sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengembangkan kreasi pasta gigi berbentuk tablet yang praktis buat berpergian sekaligus ramah lingkungan. Pasta gigi tersebut diberi nama Ellite.

Produk tersebut merupakan hasil kreasi empat mahasiswa Unpad, yaitu Nur Fauziana Hayuningtyas, Ayu Safitrie, dan Ayu Rahma Diana dari Fakultas Kedokteran Gigi, serta Rhayza Salsabila Mardhatillah dari Fakultas Farmasi.

Keempat mahasiswa tersebut melakukan penelitian yang difasilitasi oleh Hibah Inovasi Pre-Startup Mahasiswa Unpad (Hipsmu) 2020. Pasta gigi itu dikembangkan sebagai solusi mengurangi limbah plastik akibat penggunaan pasta gigi.

“Setelah berdiskusi, ternyata pasta gigi dapat dibuat sediaan yang berbeda dengan yang sering kita lihat. Pasta gigi juga dapat dibuat dalam bentuk tablet,” kata Tyas, panggilan Nur Fauziana Hayuningtyas, dikutip dari Unpad.ac.id, Sabtu (24/10/2020).

Baca Juga:  Masalah Utang Seorang Nenek Dibunuh Lalu Dibakar Oleh Pemuda

Berbeda dengan pasta gigi pada umumnya yang dikemas dalam kemasan tabung (tube), Ellite dikemas dalam kemasan toples (jar)  yang berisi sejumlah tablet. Tablet pasta gigi dapat langsung dikunyah, lalu digunakan untuk menyikat gigi seperti biasa.

“Jadi tabletnya bukan ditelan, tapi memang tablet kunyah. Tabletnya dimasukkan ke mulut, dikunyah. Setelah agak berbusa, disikat menggunakan sikat gigi,” jelas Tyas.

Selain mudah digunakan dan ramah lingkungan, menurut dia, Ellite juga diyakini memiliki keunggulan. Pasalnya, pasta gigi tersebut mengandung zat aktif nano hidroksiapatit dan fluoride sebagai agen remineralisasi.

Menurut Tyas, saat ini zat aktif nano hidroksiapatit belum banyak digunakan pada pasta gigi yang ada di pasaran. Padahal, zat tersebut dapat menutupi lubang terkecil pada gigi karena ukurannya yang nano.

Baca Juga:  Bupati Terpilih Berencana Hadirkan Bioskop 4D Di Purwakarta

Tyas menjelaskan, untuk satu kali sikat gigi, pengguna cukup menggunakan satu tablet. Pasta gigi tablet juga dinilai dapat menjadi solusi bagi pengguna yang sedang berpergian dan merasa repot jika harus membawa pasta gigi biasa.

“Jadi untuk yang sedang travelling, tinggal bawa beberapa tablet. Jadi ini juga menghemat tempat,” ujarnya.

Penelitian pasta gigi tablet tersebut masih terus dilakukan pengembangan. Evaluasi terus dilakukan untuk penyempurnaan produk untuk dapat memasuki tahapan uji klinis.

Pasta gigi tablet ini direncanakan akan dikemas dalam jar bambu, karena dinilai ramah lingkungan. Dalam proses produksi kemasan, tim pun melibatkan para pengrajin di Jatinangor.

Baca Juga:  Akhir November 2020, MUI Akan Gelar Munas Secara Daring

Ke depan, selain pasta gigi, Ellite juga akan dikembangkan ke sejumlah produk kesehatan gigi lain yang lebih ramah lingkungan. Di antaranya pembuatan sikat gigi, benang gigi, dan obat kumur dari bahan dasar atau bentuk sediaan yang lebih ramah lingkungan dibandingkan yang ada di pasaran saat ini.

“Kami sebagai mahasiswa ingin berpartisipasi dalam mengurangi sampah di negara ini. Inginnya si dari hal kecil yang dari konsumsi kita sehari-hari. Harapannya kami ingin memberikan solusi bagi negeri kami sendiri,” harap Tyas. (Red)