Penerus Tahta Kesultanan Brunei Darusallam, Pangeran Abdul Azim Mangkat

JABARNEWS | BANDUNG – Kabar duka datang dari keluarga kerajaan di negara tetangga, Brunei Darussalam. Putra Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Pangeran Muda Haji Abdul Azim meninggal dunia pada Sabtu (24/10/2020).

“Paduka Sri Pangeran Muda Haji Abdul Azim meninggal dunia pada hari ini, Sabtu tanggal 17 Rabiul awal bertepatan dengan 24 Oktober 2020 pukul 10:08.” terang Pusat Berita Radio Televisi Brunei melalui akun Facebook.

Pemerintah Brunei Darussalam memerintahkan kepada warganya untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama tujuh hari sebagai ungkapan duka cita atas kepergian Pangeran Muda Haji Abdul Azim.

Baca Juga:  Waduh! Menkes Sebut Kepulangan Jemaah Haji Bisa Picu Peningkatan Kasus Covid-19

Pangeran Muda Haji Abdul Azim adalah putra kedua dari Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dan Hajah Mariam. Lahir di Bandar Seri Begawan, Brunei pada 29 Juli 1982, dia meninggal pada usia 38 tahun.

Statusnya sebagai pangeran berada di garis keempat tahta Kesultanan Brunei Darusallam. Pangeran Abdul Azim memiliki gelar Yang Teramat Mulia Paduka Seti Duli Pangiran Muda Haji Abdul Azim. Selama hidupnya, dia mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah bergengsi di dunia.

Baca Juga:  Dugaan Korupsi Dana Pokir-BOP DPRD Garut, Legislator Mangkir dari Panggilan Kejari

Pangeran Abdul Azim bersekolah di Sekolah Internasional Brunei, Raffles Institution, dan Universitas Oxford Brookes. Ia kembali pada tahun 2008 dan mengikuti pelatihan perwira selama sembilan bulan di Royal Military Academy Sandhurst.

Pangeran Abdul Azim juga dikenal sebagai seorang yang sangat peduli terhadap kemanusiaan. Pada tahun 2009, ia membuat tas dan kabarnya, hasilnya disumbangkan ke badan amal Make A Wish Foundation UK.

Baca Juga:  Hadiri Kongres Kedua AMSI, Ini Pesan Sri Mulyani

Ia juga memberikan dukungannya bagi penderita autis melalui gala amal musik Smarter Brunei pada tahun 2011 dimana 31 pemain autis memamerkan bakat mereka.

Pangeran Muda Haji Abdul Azim juga dikenal publik sebagai sosok penggemar tata busana, aktif dalam berbagai kegiatan sosial, dan kehidupannya yang glamour. (Red)