Ini Cara Bima Arya Biasakan Warganya Menjaga Kebersihan Lingkungan

JABARNEWS | BOGOR – Dalam melaksanakan program Bogorku Bersih, Pemkot Bogor melaksanakan lomba kebersihan antar Rukun Tetangga (RT) se-Kota Bogor.

Kegiatan lomba tersebut secara rutin dilakukan oleh Pemkot Bogor dan telah memasuki tahun kelima.

Wali Kota Bogor Bima Arya yang juga selaku juri dalam lomba kebersihan antar RW tersebut mengatakan, ada beberapa kategori yang dilomba.

“Kemarin saya menjadi juri untuk kategori Permukiman Teratur dengan komponen penilaiannya mulai dari Urban Farming, Sanitasi Lingkungan, Pengelolaan Sampah hingga kebijakan yang dilakukan dalam menangani Covid-19,” kata Bima Arya seperti tertulis dalam akun Instagram pribadinya, Minggu (25/10/2020).

Baca Juga:  Malam Ini Ingin Lihat Puncak Hujan Meteor Perseid? Ini Syaratnya

Dalam melakukan penilaiannya, Bima Arya mengunjungi sejumlah lokasi peserta lomba untuk mengecek kebersihan di lokasi tersebut.

Beberapa titik yang dikunjungi Bima Arya diantaranya; Griya Melati RT 02, RW 13, Kelurahan Bubulak, Bogor Barat. Lalu, Taman Griya Kencana RT 05/ RW 08, Kelurahan Kencana, Tanah Sareal dan juga Tanah Baru Permai RT 02, RW 09, Kelurahan Tanah Baru, Bogor Utara. Masing-masing RT memiliki keunggulan dan inovasi berbeda

Baca Juga:  Besok Pendaftaran Penerimaan CPNS Dimulai

“Ada 3 taman tematik, Taman Bocil untuk area bermain anak, Taman Cageur untuk apotek hidup atau tanaman herbal, dan Taman Remako atau Remaja Kolot untuk para lansia,” lanjutnya.

Dia juga menuliskan, Di Taman Griya Kencana, pengurus RT di sini wajibkan warganya memiliki minimal 5 tanaman setiap rumah.

“Warga juga manfaatkan rumah kosong untuk dijadikan rumah bermain anak serta urban farming. Bahkan, uniknya warga Lingkungan RT 05 ini banyak mengandalkan tanaman herbal peningkat stamina dan vitalitas: Bunga Telang dan Temu Kunci,” tutur dia.

Baca Juga:  Kapolres Cianjur Himbau Anggota Gunakan Masker Saat Bertugas

Terakhir di RT 02 Tanah Baru Permai, warganya sangat guyub! Uniknya penggerak berbagai program adalah para manula.

“Di RT ini juga nihil kasus Covid, serta bebas rokok lantaran dari sekian banyak warga hanya ada dua orang perokok. Urban farming-nya juga keren, serta banyak edukasi soal lingkungan buat warga,” tandasnya. (Red)