Libur Panjang, KAI Sebut Terjadi Peningkatan Pemesanan Tiket Kereta Api

JABARNEWS | JAKARTA – Penumpang kereta api (KA) jarak jauh dipastikan membeludak pada saat libur panjang akhir Oktober 2020.

Kepal Humas Daop 1 PT KAI, Eva Chairunissa, mengatakan, dari pemesanan tiket sementara diketahui jumlah penumpang tertinggi terjadi di dua hari jelang libur panjang, yakni Selasa, 27 Oktober 2020 dengan jumlah penumpang 7.270 orang, dan Rabu, 28 Oktober 2020 dengan jumlah 7.679 penumpang.

Baca Juga:  Inspire Adakan Edukasi Kekerasan Gender Lewat Sepakbola

“Data tersebut masih dapat berubah karena masih terdapat pemesanan tiket secara online,” ujar Eva, Minggu (25/10/2020). 

Apabila dibandingkan dengan hari biasa, kata dia, saat ini setiap harinya penumpang KA jarak jauh hanya rata-rata 2.876 orang, yang diberangkatkan menggunakan 18 rangkaian.

Dengan adanya peningkatan jumlah penumpang ini, PT KAI Daop 1 menambah jumlah perjalanan setiap hari selama libur panjang. Sebanyak 27 perjalanan KA jarak jauh telah disiapkan untuk pemberangkatan dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota.

Baca Juga:  Dave Laksono Tepis Kemungkinan adanya Munaslub

“Hingga siang tadi, sudah 22.771 tiket yang terpesan dari total tempat duduk sebanyak 48.960 sepanjang 27 Oktober hingga 1 November 2020,” kata Eva.

Baca Juga:  Awas! KPK akan Tindak Tegas Pihak yang Coba Halangi Penyidikan Kasus Yana Mulyana

Adanya tambahan penumpang, juga membuat layanan rapid test di stasiun-stasiun bertambah. Pada 24-25 Oktober, sebanyak 1.100 orang telah mengikuti rapid test setiap harinya.

Untuk menghindari keterlambatan atau ketinggalan kereta, Eva mengimbau agar calon penumpang melakukan rapid test pada H-1 sebelum keberangkatan. (Red)