Tips Cegah Penularan Covid-19 saat Terima Barang dari Luar Rumah

JABARNEWS | BANDUNG – Masyarakat harus bisa mengetahui tata cara dalam menerima paket yang diantar kurir agar menghindari penularan virus covid-19. Sebab, paket atau barang-barang yang dipesan telah melewati perpindahan tangan, yang mungkin saja sudah terpapar virus atau bakteri berbahaya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization atau WHO), dilansir dari lamannya, menerima paket dari wilayah manapun yang terpapar virus dinilai aman. Hal itu karena orang yang terinfeksi dari barang kemungkinannya rendah.

Baca Juga:  Ambu Anne Apresiasi Kinerja TNI-Polri Amankan Pelantikan Presiden

Meski demikian, sebaiknya kita tetap melindungi diri dengan mengikuti panduan menerima barang atau paket dari kurir. Berikut ini rangkumannya:

Sebaiknya gunakan pembayaran melalui aplikasi atau transfer untuk mengurangi interaksi dengan pengantar. Komunikasikan ke pengantar, agar barang ditaruh di teras atau digantung di pintu pagar. Setidaknya jaga jarak 1-2 meter dengan pengantar.

Baca Juga:  Soal Perppu Omnibus Law, Pengamat: Harusnya Wakil Daerah Ajukan Judicial Review ke MK

Pastikan untuk menggunakan masker kain saat keluar rumah untuk mengambil paket. Bila memungkinkan, jangan membawa masuk paket melalui pintu utama. Bila hanya satu pintu, maka pastikan sebelum masuk rumah paket disemprot dengan cairan alkohol 70%.

Jangan taruh paket di sofa atau meja dalam rumah tanpa dibersihkan dengan cara diatas. Buka paket jangan di area utama rumah. Anda bisa membukanya di teras atau luar rumah. Sediakan lap khusus untuk membersihkan plastik atau kotak yang diterima. Bila paket berisi botol atau kotak, bisa dibersihkan dengan alkohol 70% atau cuci dengan air dan sabun. Lap langsung dicuci.

Baca Juga:  Netizen Jangan Sembarangan Curhat di Ruang Siber, Ini Lho Bahayanya

Paket makanan, dipindahkan ke piring atau mangkok dengan sendok khusus. Langsung cuci sendok begitu selesai. Setelah selesai membuka paket, cuci tangan dengan air dan sabun. (Red)