Minggu Malam, Palu Dilanda Gempa

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa kedua yang bisa dirasakan sepanjang hari ini, Minggu 25 Oktober 2020. Gempa itu terjadi 19 kilometer sebelah utara Palu, Sulawesi Tengah, dengan kekuatan Magnitudo 3,6.

BMKG mencatat dalam situs webnya kalau gempa itu terjadi pada pukul 21.25 WIB. Sumbernya terdeteksi berada di darat pada kedalaman 10 kilometer atau tergolong dangkal. Adapun dampak getarannya bisa dirasakan di Kota Palu dengan intensitas III Skala MMI.

Baca Juga:  Tinjau Pelaksanaan BSPS di Karawang, Ini yang Ditemukan Syaikhu

Getaran pada skala itu diilustrasikan dengan getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu.

Sebelumnya, gempa hari ini juga terjadi di laut 90 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Gempa itu berkekuatan 5,9 Magnitudo dari kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga:  Mahfud MD Segera Bentuk Tim Pemburu Koruptor, Bedanya Sama KPK Apa?

Gempa pada pukul 07.56 WIB itu mengguncang hingga skala IV MMI di wilayah Pangandaran, Tasikmalaya, dan Sukabumi. Skala itu setara getaran pada siang dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, sedang di luar oleh beberapa orang. Getaran membuat gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Baca Juga:  Wih Ngeri! Buzzer Ditempat Ini Disikat Habis Oleh Twitter

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat 29 rumah rusak karena gempa itu, terbanyak di Ciamis. (Red)