Sedikitnya 215 Jiwa Terdampak Banjir di Cimahi

JABARNEWS | CIMAHI – Sedikitnya 215 jiwa terdampak banjir yang terjadi di Jalan Raya Cilember, Kota Cimahi, pada Minggu (25/10/2020) malam. Luapan air juga mengakibatkan tiga rumah warga jebol.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi Asep Bachtiar mengatakan, banjir yang terjadi di RT 4 RW 6, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, itu dipicu oleh hujan intensitas tinggi dan luapan air sungai di Kompleks Graha Indah, Kota Bandung.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Bandar Narkoba di Simalungun Saat Sedang Berpesta

“Yang terdampak banjir itu 50 kepala keluarga di RT 4, kemudian 70 kepala keluarga di RT 5. Namun, yang paling parah di RT 4. Ketinggian air sampai 1,5 meter, dan ada beberapa rumah warga yang rusak,” kata Asep, Senin (26/10/2020).

Menurut dia, air yang meluber dari aliran sungai di belakang Kompleks Graha Indah limpas ke jalan, sehingga akhirnya menerjang permukiman warga di RT 4 dan 5 di RW 6, yang posisinya lebih rendah.

Baca Juga:  Kunjungi Geger Bintang Matahari, Wisatawan Harus Kembalikan Sampah

“Ditambah, di belakang permukiman warga ini juga ada aliran Sungai Cimahi yang menyempit. Jadi warga diterjang banjir dari depan dan belakang,” jelas Asep.

BPBD dibantu Pemadam Kebakaran dan relawan, terang dia, kemarin malam langsung melakukan pembersihan material sisa banjir dan membantu warga memindahkan barang serta perabot ke luar rumah setelah direndam air.

“Damkar dan relawan langsung turun membantu menyerahkan bantuan kebutuhan dasar. Kami juga sdah koordinasi dengan dinas terkait untuk pengangkutan material dari rumah yang terdampak. Damkar juga menyemprot air untuk membersihkan lumpur,” terangnya.

Baca Juga:  Kredit Macet BPR Raharja Wanayasa Purwakarta Capai Rp2,7 Miliar

Seorang warga, Enih (60) mengatakan bahwa banjir terjadi saat hujan deras mengguyur. Air tiba-tiba menerjang pemukiman hingga setinggi dada orang dewasa.

“Rumah saya terendam air, barang-barang habis, termasuk motor terendam. Saya menyelamatkan diri ke lantai dua rumah” tuturnya. (Yoy)