Wow, Sungai Citarum Sekarang Bisa Dipakai untuk Festival Mancing

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-75, Sekor 7 Satgas Citarum Harum menggelar Festivak Mancing di Sungai Citarum, Sabtu (24/10/2020). Lokasinya berada di Kampung Bojong Citepus, Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Sekitar 500 peserta mengikuti festival mancing tersebut, di mana mayoritas berasal dari warga sekitar. Lokasi yang digunakan terbentang sepanjang 1 kilometer, sedangkan ikan yang ditabur terdiri atas ikan lele dan ikan nila sebanyak 3 ton.

Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi menyampaikan bahwa perhelatan festival mancing tersebut sekaligus untuk menggaungkan informasi kepada masyarakat bahwa kondisi Citarum semakin bersih dan jadi habitat ikan.

“Jadi kami meyakinkan kepada masyarakat bahwa tempat ini bisa dijadikan atau digunakan untuk tempat memancing bagi masyarakat,” kata Purwadi.

Baca Juga:  Soal Caleg TMS, KIPP Minta KPU Segera Bersikap

Selain itu, dia melanjutkan, festival mancing juga menjadi ajang untuk sosialisasi program Citarum Harum kepada masyarakat. Termasuk mengenai berbagai pencapaian yang dilakukan Satgas Citarum Harum.

“Jadi apa yang sudah kami kerjakan selama kurang lebih tiga tahun ini, yang semula sungai hanya 10 meter sekarang sudah jadi sekitar 50 meter, yang kami keruk 2-3 bulan yang lalu dengan kedalaman lebih kurang 8 meter,” katanya.

Purwadi menekankan kepada para peserta Festival Mancing agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan Gerakan 3M. Para peserta mesti melakukan pengukuran suhu badan, kemudian mencuci tangan, menggunakan masker, dan memperhatikan jarak.

Di tempat yang sama, Pabandya Bhakti Sterdam III/Siliwangi Mayor Inf Himawan mewakili Aster Kasdam III/Siliwangi menyampaikan akan pentingnya menjaga ekosistem di Sungai Citarum.

Baca Juga:  Ini Manfaat Meletakan Bawang Putih Di Bawah Bantal Sebelum Tidur

“Nantinya yang akan menikmatinya adalah warga masyarakat itu sendiri. Jadi, dengan adanya kegiatan ini menunjukkan bahwa ini sungai yang tadinya kotor sekarang sudah bisa kita manfaatkan dan ikan sudah bisa hidup,” katanya.

Wakil Bupati Kabupaten Bandung Gun Gun Gunawan bersyukur sudah bisa melihat Sungai Citarum buat tempat festival mancing. Hal tersebut, kata dia, menunjukkan bahwa kegiatan pemulihan Citarum yang dilakukan pemerintah bersama TNI telah berjalan dengan baik.

“Saya bersyukur hari ini bisa melihat langsung bagaimana kegiatan dan tahapan-tahapan yang telah dilakukan. Yang judulnya mission impossible, tapi dengan tekad, kebersamaan dan kesadaran, khususnya di Sektor 7 ini, semuanya dapat berjalan dengan baik. Saya ucapkan terima kasih,” katanya.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya bagaimana mendekatkan masyarakat dengan lingkungan sungai. Kami ingin bahwa Sungai Citarum ke depan bisa dinikmati lagi oleh masyarakat,” ucap Gun Gun.

Baca Juga:  Kemendesa PDTT Teken MoU dengan Bank Mandiri guna Membangun Negeri

Dia pun mengingatkan kepada masyarakat agar dapat menjaga kebersihan lingkungan, sehingga masyarakat bisa terhindar dari banjir di musim penghujan. Masyarakat di sekitar sungai diminta untuk mewaspadai banjir.

“Jangan sampai anak cucu kita di masa datang tidak menikmati sungai yang bersih dan sungai yang indah, yang didalamnya banyak terdapat ekosistem. Tentunya hari ini prestasi terbaik bagi masa yang akan datang,” katanya.

Dalam acara Festival Mancing Sektor 7 itu, para peserta berkesempatan mendapatkan doorprize dengan aneka macam hadiah. Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi mengaku telah menyiapkan hadiah berupa kulkas, TV, dispenser dan lain-lain. (Yoy)