Sungai Meluap, 400 Rumah Warga Sindangbarang Terendam Banjir

JABARNEWS | CIANJUR – Sekitar 400 rumah warga terendam banjir, di Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Bencana banjir itu terjadi setelah diguyur hujan deras selama lima jam, pukul 21.00 WIB, Minggu (25/20/2020), hingga terjadi meluapnya sungai Ciwaduk.

“400 rumah terdiri dari tiga kampung yaitu Kampung Cigarogol, Cimahi dan Kampung Nyalindung,” ujar Endang Solehudin, Kelapa Desa (Kades) Jayagiri

Baca Juga:  Menpan RB Keluarkan Surat Edaran Terbaru, ASN Harus Tahu

Ia mengatakan ketinggian banjir mencapai 75 sentimeter, akibat hujan deras yang mengguyur dari pukul 16:00 WIB hingga pukul 21:00 WIB.

Ia mengatakan banjir akibal luapan sungai itu, karena adanya penyempitan sungai Ciwaduk. Kata dia, jalan nasional Selatan Cianjur dilakukan peninggian dari sebelumnya.

“Sungai tersebut lebarnya 10 meter dan dangkal tiga meter karena tidak ada pengerukan. Sehingga air mudah meluap, tidak ada gorong-gorong di sekitar kampung tersebut. Ketinggian air akan terus naik apabila hujan tidak kunjung reda juga,”

Baca Juga:  Belum Dapat Kerja Saat Corona? Tenang, Ada Loker di BUMN Ini

Terpisah, Camat Sindangabranag, Djoko Purnomo menambahkan, kini sejumlah warga menjadi korban kepungan banjir sudah mulai dilakukan evakuasi, ke tempat lebih aman.

Baca Juga:  Jika Terbukti KDRT, Ini Hukuman Paling Berat Yang Akan Diterima Rizky Billar

“Tenda darurat sudah disediakan di desa,” katanya.

Ia menambahkan, untuk ruas Jalan Nasional Cianjur Selatan (Cisel) juga terendam sejauh setengah kilometer, dengan ketinggian kurang lebih 70 sentimeter.

“Harus siap siaga, khawatirnya ada hujan susulan. Dan, masih bersyukur tidak ada korban jiwa saat detik-detik banjir melanda,” tandasnya. (Mul)