aqua

Sikap Politik Pemuda

Ali Syaifa AS. (Foto: Dok. Pribadi)

Penulis: Ali Syaifa AS (Komisioner KPU Kota Bekasi)

Sebagai eksistensi sebuah masyarakat, bangsa Indonesia sudah ada sejak lama sekali. Dalam catatan yang ditulis oleh sejarawan internasional yang bernama Yuvah Noah Harari bahwa di kepulauan nusantara sudah dihuni oleh kumpulan atau sekelompok manusia sejak jutaan tahun silam. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya temuan sejarah mengenai jejaj-jejak manusia solo (Homo soloensis) di lembah sungai bengawan solo dan manusia flores (Homo floresiensis) di daratan pulau tersebut.

Baca Juga:

Berikut, Jenis Makanan Pembenteng Tubuh dari Virus Corona

Ini Kabar Gembira untuk Guru Ngaji di Kota Bogor



Namun demikian, eksistensi bangsa Indonesia sebagai sebuah Negara-Bangsa (Nation-Sate) yang berdaulat dan diakui oleh negara lain belumlah lah lama. Belum sampai genap berumur 100 tahun atau satu abad. Bangsa Indonesia secara hukum (de jure) baru diproklamirkan sebagai sebuah negara pada tanggal 17 agustus 1945 oleh Soekarno dan Hatta mengatasnamakan rakyat Indonesia.

Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia adalah puncak dari sebuah pergumulan, usaha, doa, dan cita-cita masyarakat Indonesia yang mengkristal. Jauh sebelum merdeka, di awal tahun 1900an, Pemuda-Pelajar (student-youth) menyadari bahwa penjajahan yang dilakukan oleh kolonialisme menyebabkan penderitaan pada rakyat. Sebagai masyarakat pribumi atau bumi putera, mereka ingin menikmati sebuah kebebasan, kesetaraan, dan perlakuan yang adil. Mereka sadar derita yang dialami oleh bangsanya.

Keinsyafan yang lahir pada kalangan pemuda-pelajar (student-youth) melahirkan sebuah pikiran politik dimana perlu dan pentingnya sebuah persatuan segenap kekuatan masyarakat untuk keluar dari ketertindasan dan terbelakangan. Pikiran politik mereka mampu memantik segenap elemen masyarakat dalam arus pikiran yang sama. Sehingga terjadilah gerakan kebangkitan nasional yang menggema dimana-mana. Masyarakat se-Hindia Belanda pada akhirnya menyadari adanya kesamaan nasib yang sepenanggungan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Politik Indonesia Politik Pemuda KPU Kota Bekasi Komisioner Kpu Reformasi Politik Jabarnews Berita Jwa Barat Berita Terkini

berita terkait

Waduh, Lonjakan Kasus Covid-19 di Bandung Cukup Darurat

MUI Bahas Empat Fatwa di Munas ke-10

Gugus Tugas: Calon Wali Kota Depok M Idris Positif Covid-19

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi