Libur Panjang, Pemkab Bogor Gelar Rapid Test Massal di Puncak

JABARNEWS | BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan menyiapkan tes cepat (rapid test) massal saat libur panjang di sejumlah lokasi wisata di kawasan Puncak. Hal ini dilakukan untuk memastikan wisatawan yang datang bebas dari Covid-19.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan, lokasi rapid test nantinya digelar di Simpang Gadog, Taman Wisata Matahari dan Agrowisata Gunung Mas. Dia juga meminta Dinas Kesehatan menyiapkan peralatan dan tenaga medisnya.

Baca Juga:  Ngeri! Gibran Buka-bukan Soal Praktik Keji TikTok Shop, UMKM Sering Jadi Korban

“Tapi tetap kita upayakan mengurangi kedatangan kunjungan wisatawan maksimal 50 persen. Untuk rapid test nanti random saja. Jadi untuk memberi pesan bahwa wisatawan yang datang ke Puncak diatur oleh pemerintah. Termasuk soal protokol kesehatannya,” kata Iwan, Senin (26/10/2020) dilansir dari laman Merdeka.com.

Baca Juga:  Dehidrasi Saat Puasa? Ini Minuman yang Cocok Untuk Berbuka

Iwan memastikan, rapid test dimulai pada Rabu (28/10/2020). Jika ditemukan yang menunjukkan hasil reaktif, Iwan meminta petugas di lapangan agar meminta pengunjung tersebut putar arah untuk melakukan isolasi mandiri.

“Itu sudah kesepakatan kami dengan TNI dan Polri. Tujuannya untuk memastikan pengunjung di Puncak celas, sehat. Jangan membawa penyakit dari luar ke Puncak,” tegas Iwan.

Baca Juga:  Shin Tae Yong Ngamuk! Panitia AFF Cuma Ngasih Nasi Kotak Buat Skuadnya

Jika ada penolakan dari masyarakat, kata dia, Pemkab Bogor memiliki landasan hukum. Yakni Peraturan Bupati Bogor tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pra-Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). (Red)