Lawan Berita Hoaks, AMSI Jabar Lakukan Pelatihan Cek Fakta Pilkada

Ada dua poin yang disoroti yakni misinformasi dan disinformasi.

Pelatihan cek fakta Pilkada Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat yang diselenggarakan lewat Google Meet, Selasa (27/10/2020). (Foto: Rian/JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat menyelenggarakan pelatihan cek fakta Pilkada yang digelar secara daring selama tiga hari yakni pada 27-29 Oktober 2020.

Pelatihan ini merupakan kolaborasi antar media untuk melawan dan memerangi berita palsu atau hoaks yang diikuti oleh 24 peserta yang tergabung dalam AMSI.

Baca Juga:

AMSI Rumuskan Strategi Dorong Ekosistem Digital yang Adil bagi Media Online

Dadang Supriatna Akan Rangkul Atep Untuk Memajukan Persikab



Sekretaris AMSI Jabar, Riana Afriadi Wangsadiredja mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk mengecek dan memverifikasi kebenaran berita di Pilkada Serentak 2020.

“Kita melakukan pelatihan cek fakta untuk melawan hoaks di Pilkada bulan Desember dan sudah mulai kampanye pada bulan November,” kata Riana dalam sambutannya, Selasa (27/10/2020).

Sementara itu, salah satu pemateri, Muhammad Junaidi menjelaskan ada dua poin yang disoroti yakni misinformasi dan disinformasi. Misinformasi, ucap dia, adalah informasi atau berita palsu yang beredar, namun orang yang berbagi tidak menyadarinya bahwa itu salah atau menyesatkan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : AMSI AMSI Jabar Pelatihan Cek Fakta Jurnalis Jabar Pilkada 2020 Lawan Hoaks Pilkada Fakta Pilkada Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Bawaslu Jabar Masih Kawal Sengketa Pilkada 2020 ke MK

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi