aqua

Musim Hujan, Warga di Sepanjang Aliran Sungai Kota Bandung Diminta Waspada

mengantisipasi ada potensi dan rawan bencana selain banjir yaitu kirmir roboh dan tanggul jebol

Ilustrasi, pemukiman warga di sepanjang aliran sungai, (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mengimbau masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai untuk berhati-hati terhadap potensi banjir di musim hujan. Pasalnya, tanggul di sejumlah sungai yang membelah Kota Bandung rawan jebol saat hujan deras.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Diskar PB Kota Bandung, Dian Rudianto mengatakan, area pemukiman di sepanjang aliran sungai di Kota Bandung berpotensi dan rawan terkena bencana banjir karena tanggul jebol. Menurutnya, salah satu penyebab terjadinya banjir karena pembangunan yang keliru dengan membangun di bantaran sungai.

Baca Juga:

Kok Bisa? Pohon di Kota Bandung Mengeluarkan Asap

Anies Baswedan Positif Covid-19, Ridwan Kamil: Semoga Lekas Pulih



"Kami juga mengantisipasi ada potensi dan rawan bencana selain banjir yaitu kirmir roboh dan tanggul jebol di sepanjang aliran sungai potensinya di seluruh Kota Bandung," ujarnya di Balai Kota Bandung, Selasa (27/10/2020).

Menurutnya, di sepanjang aliran sungai rawan banjir disebabkan faktor pembangunan yang menyalahi aturan seperti membangun di bantaran sungai. Ia menjelaskan, di bantaran sungai terdapat ruang yang tidak boleh terdapat pembangunan.

Dian mengungkapkan, sepanjang 2019 terdapat 39 kasus bencana di Kota Bandung sedangkan Januari hingga Oktober 2020 terdapat lebih dari 49 kasus bencana. Menurutnya, terjadi peningkatan kasus bencana pada tahun 2020.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Diskar PB Kota Bandung Banjir Musim Hujan Sungai Hujan Deras Warga Pinggir Sungai Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

PMI: Stok Darah PRC dan TC di Kota Bandung Kosong

Kota Bandung Kembali Ke Zona Merah, Bakal PSBB Lagi Ga Ya?

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi