Berikut Ini Langkah Polri Cegah Klaster Covid-19 Saat Long Weekend

JABARNEWS | PURWAKARTA – Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Gatot Eddy Pramono, melakukan kunjungan ke Pos Pam Terpadu Cikopo, Kabupaten Purwakarta, guna mengecek kesiapan pengamanan Arus Lalu Lintas Long Weekend Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2020/1442 H.

Tak hanya untuk meminimalisir kemacetan, lakalantas hingga antisipasi gangguan keamanan. Dalam pengamanan kali ini, kepolisian bersama pihak terkait lainnya mengupayakan langkah-langkah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 agar tidak timbul klaster-klaster baru selama atau paska libur panjang.

Baca Juga:  Sempat Banjir, Genangan Air di Cirebon Kini Sudah Surut

Menurutnya, ada beberapa hal yang jadi prioritas dalam pengamanan long weekend ini, diantaranya menjaga kelancaran arus lalin, antisipasi fatalitas laka lantas, gangguan kamtibmas dan langkah-langkah meminimalisir penyebaran covid-19 untuk mencegah timbulnya kluster-kluster baru.

“Tentu saja dengan pendekatan secara persuasif dan humanis,” ungkap Komjen Gatot Eddy Pramono, saat menggelar press conference, di Pos terpadu Cikopo, Kabupaten Purwakarta, pada Selasa (27/10/2020).

Berkaitan dengan kelancaran arus lalulintas pada long weekend yang dimulai pada 28 Oktober hingga 1 November 2020 mendatang itu.

Baca Juga:  Pemerintah Diminta Segera Beresi Soal Minyak Goreng, Puan Maharani: Kami Minta Komitmen

Dijelaskannya, secara teknis jika terjadi lonjakan arus jajaran kepolisian akan melakukan langkah penutupan atau pengalihan arus dari sejumlah titik sumber kemacetan, seperti rest area atau lainnya.

“Jika diperlukan, kita lakukan contraflow. Sementara untuk pelarangan masuk tol bagi kendaraan sumbu 3, sudah sejak tadi malam kita lakukan. Kami juga tengah melakukan operasi zebra dan yustisi yang sudah dilakukan sejak 26 oktober hingga 8 november mendatang,” ujar Wakapolri didampingi Kapolda Jabar dan jajaran Forkopimda Purwakarta.

Baca Juga:  Sedang Nyopir, Pria Di Majalengka Ini Mendadak Tewas

Sementara, sambung Gatot, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 dan pencegahan timbulnya kluster baru, pihaknya menyarankan agar masyarakat melakukan liburan yang aman nyaman dan sehat.

“Dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan dan melaksanakan anjuran pemerintah seperti tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun (3M),” paparnya.

Gatot berpesan, tetap waspada, jangan sampai timbul kluster wisata atau kluster keluarga ditengah liburan. (Gin)