Penyerahan Bansos Tahap Ketiga, Ada Pesan Dari Uu Ruzhanul Ulum

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) telah mendistribusikan Bantuan Sosial (Bansos) tahap ketigia dari Pemprov Jabar, Selasa (27/10/2020).

“Alhamdulillah hari ini diluncurkan (Bansos tahap ketiga). Kita ketahui bersama bahwa bansos bisa bersumber dari berbagai pihak, baik dari pusat maupun daerah,” kata Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum di Kantor Pos Padalarang Jl. Padalarang, Kab. Bandung Barat, Selasa (27/10/2020)

Uu Ruzhanul Ulum juga mengatakan, untuk list dan mekanismenya, diatur oleh pemerintah kabupaten dan kota di masing-masing wilayah.

Baca Juga:  Pilkada Karawang Tinta Tak Lagi Dicelupkan, Terus Gimana?

Maka dari itu, Uu Ruzhanul Ulum membuka, bagi warga yang merasa kurang puas dengan pendistribusian Bansos tahap ketiga ini, dipersilahkan untuk melakukan konsultasi dengan pemerintah kota dan kabupaten masing-masing.

“Jika ada yg kurang jelas, mangga konsultasikan kepada Pemkab atau Pemkot setempat. Hatur nuhun,” tutur Uu Ruzhanul Ulum.

Selain itu, Uu Ruzhanul Ulum juga menerangkan besaran Bansos Jabar tahap keempat mendatang akan mengalami pengurangan nominal, menjadi Rp350 ribu. Jika dirincikan, bansos sebesar Rp350 ribu tersebut, Rp100 ribu dalam bentuk tunai, sementara Rp250 ribu dalam bentuk sembako.

Baca Juga:  YLKI Tanggapi Rencana Biaya Isi Saldo Uang Elektronik

Diketahui sebelumnya besaran bansos bagi warga terdampak Covid-19 di Jabar sebesar Rp500 ribu.

“Pemprov mengakomodir masyarakat miskin baru yang kemarin belum tercover atau terdaftar. Tahap 1 sampai 3 (penerima) berjumlah 1.400.000 an orang, sekarang bertambah 500 ribu jadi 1,9 juta penerima,” jelas Uu Ruzhanul Ulum seperti dilansir dari PRFM News, Selasa (27/10/2020).

Uu mengatakan anggaran Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk bansos di Jabar terbatas. Oleh karenanya, jalan satu-satunya agar semua penerima manfaat terakomodir adalah dengan mengubah besaran bantuan.

Baca Juga:  Kang Jimmy Ikut Tes Balon Bupati Partai Gerindra, Gimana Gina Swara?

Anggaran penanganan Covid-19 di Jabar kata dia bukan hanya untuk bansos. Tapi anggaran juga disiapkan untuk keperluan sektor kesehatan dan pemulihan ekonomi.

Dari sisi kesehatan, Pemprov menganggarkan biaya seperti untuk pengadaan masker dan protokol kesehatan lainnya. Sementara untuk pemulihan ekonomi, Pemprov Jabar menganggarkan untuk program padat karya UMKM.

“Kami bukan tidak berpikir untuk menambah lagi (anggaran), tapi terbatas kemampuan. Sementara tahapan yang sudah ditetapkan akan segera dilakukan yaitu pemulihan ekonomi,” tandasnya. (Red)