Live Stream Bandung 132 TV


Info Penting dari BPBD Cianjur untuk Warga di Bantaran Sungai

Fenomena alam La Nina yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir, membuat sejumlah wilayah rawan bencana terendam banjir dan tanah longsor.

Ilustrasi- Bencana banjir landa kecamatan di Kabupaten Cianjur. (Foto: Dok/BPBD Kabupaten Cianjur)

JABARNEWS | CIANJUR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai ekstra waspada dan siap mengungsi jika melihat air sungai semakin tinggi akibat hujan dengan intensitas tinggi atau lebih dari dua jam.

"Sejak dua pekan terakhir, curah hujan sangat tinggi melanda sebagian besar wilayah rawan bencana Cianjur, untuk mengantispasi hal yang tidak diinginkan, melalui relawan tangguh bencana di setiap wilayah, kami imbau warga yang tinggal di bantaran sungai untuk segera mengungsi jika hujan turun lebat dan lama," kata Sekretaris BPBD Cianjur, Irfan Sopyan, Selasa (27/10/2020) dilansir dari laman Antara.

Baca Juga:

BPBD Cianjur: Pengungsi Lonsor di Cibeber Bertambah Jadi 300 Jiwa

Tekan Angka Kecelakaan, Puluhan Relawan Siaga di Wisata Air Cianjur



Ia menjelaskan fenomena alam La Nina yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir, membuat sejumlah wilayah rawan bencana terendam banjir dan tanah longsor seperti yang terjadi di beberapa kecamatan di selatan Cianjur, salah satunya Kecamatan Sindangbarang, di mana air setinggi 75 centimeter merendam 400 rumah warga di satu desa.

Selama satu bulan terakhir, tutur dia, pihaknya mencatat lima kejadian bencana alam banjir dan longsor yang sebagian bear melanda kecamatan di wilayah selatan seperti Cjati, Leles, Sindangbarang dan dua kali kejadian di Kecamatan Agrabinta.

"Tidak ada korban jiwa dalam lima kejadian tersebut, namun kerugian materi diperkirakan mencapai miliaran rupiah dan 500 kepala keluarga terpaksa mengungsi. Tidak hanya perkampungan kami juga mencatat, belasan titik longsor yang terjai selama satu bulan terakhir," katanya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : BPBD Cianjur La Nina Fenomena Alam Bencana Banjir Bantaran Sungai Sekretaris BPBD Cianjur Irfan Sopyan Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Supermoon akan Muncul Malam Ini, Tercerah di 2021

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi