Kebakaran dan Longsor Terjadi di Dua Desa yang Bertetangga

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Peristiwa longsor dan kebakaran terjadi di dua desa yang bertetangga di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (27/10/2020).

Longsor di Cipongkor terjadi di Kampung Cikadu, Desa Karangsari. Longsor tersebut membuat dua rumah warga rusak di bagian dapur. Sementara kebakaran yang menghabiskan sebuah rumah milik Ajid (68) terjadi di Kampung Pasir Muncang, Desa Cintaasih.

Baca Juga:  Di Wilayah Jabar Ini Angka Penularan Covid-19 Merosot Tajam

Korwil Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Kecamatan Cipongkor-Sindangkerta, Oteng Saputra mengatakan, dua rumah yang terkena longsor di Karangsari adalah rumah milik Maman dan Agus, yang berada di RT 1 dan RT 3, RW 7.

“Tanah longsor menimpa bagian dapur rumah Maman (3 jiwa) dan Agus (3 jiwa). Akibatnya, dinding rumah jebol dan tanah longsor masuk merusak sebagian perabotan di dapur,” kata Oteng.

Baca Juga:  Megawati Kembali Dilantik Jadi Dewan Pengarah BPIP, Jabat Dua Periode hingga 2027

Di aamping merusak rumah, longsor yang dipicu hujan deras berjam-jam itu juga membuat Jalan Cimarel-Gunung Karang tertutup material tanah. Lokasinya berada di RT 3 RW 4, Desa Karangsari.

“Panjang longsoran sekitar 30 meter dan lebar longsoran 30 meter. Jadi jalan desa itu sampai kini belum bisa dilewati mobil,” terangnya.

Terpisah, Ketua Baguna Kecamatan Cipongkor Aja menyatakan, kejadian kebakaran yang melanda rumah milik Ajid disebabkan korsleting listrik.

Baca Juga:  Lawan Covid-19, Menristek Berharap pada RAISA

Akibat dari kebakaran itu, seluruh rumah milik Ajid habis dilalap api. Sejumlah barang pun yang tidak sempat diselamatkan oleh pemilik rumah maupun warga sekitar.

“Kalau korban jiwa, tidak ada, karena pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri. Cuma rumah sama barang-barang milik Pak Ajid habis terbakar,” tuturnya. (Yoy)