Satgas COVID-19: Waspada Lokasi Kerumunan kala Libur Panjang

JABARNEWS | JAKARTA – Pemerintah menetapkan libur nasional dan cuti bersama pada 28 dan 30 Oktober 2020, sementara pada 29 Oktober 2020 adalah libur nasional peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Masyarakat pun akan menikmati libur panjang sampai 1 November.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengingatkan pandemi tidak mengenal kata libur sehingga semua kalangan harus tetap waspada.

“Pandemi tidak mengenal kata libur, karena itu meskipun di masa liburan yang akan kita lalui bersama sebentar lagi, pemerintah daerah dan masyarakat harus tetap waspada dan bekerja sama untuk tidak menimbulkan kasus baru,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual di gedung BNPB Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Baca Juga:  Lukas Enembe Ditangkap, Polri Minta Masyarakat Jaga Papua Tetap Kondusif

Terdapat beberapa lokasi yang menimbulkan kerumunan seperti kawasan wisata, pusat perbelanjaan, baik yang modern maupun mal, tempat-tempat ibadah, lokasi kegiatan seni budaya, fasilitas transportasi, dan kegiatan kampanye.

Untuk mengantisipasi kerumunan, Wiku mengaku Satgas COVID-19 terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dan satgas di daerah untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan di lokasi-lokasi tersebut.

“Kami meminta pemda agar meningkatkan kualitas fasilitas kesehatan dan kapasitas tes agar masyarakat maupun pelaku perjalanan dapat melakukan skrining secara mandiri sebagai langkah preventif dan diagnosa dini,” jelasnya.

Satgas daerah juga diharapkan mengawasi jalannya protokol kesehatan dan dilakukan bersama dengan berbagai elemen, khususnya pengusaha kawasan wisata, restoran, dan tempat-tempat publik lain yang diprediksi akan menimbulkan kerumunan saat libur panjang dalam lima hari ke depan.

Baca Juga:  Pengacara Irjen Teddy Minahasa Tiba-tiba Mundur

“Masa libur panjang ini sering dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke tempat-tempat wisata maupun mengunjungi kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga. Namun kami menghimbau masyarakat untuk tetap menjauhi daerah-daerah yang ramai dikunjungi saat liburan,” tambahnya.

Satgas menyarankan masyarakat tetap berkumpul dengan keluarga di rumah serta lakukan kegiatan di lingkungan masing-masing dengan mematuhi protokol kesehatan dengan pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Baca Juga:  Usai Timnas Indonesia U-23 Bantai China Taipei, Shin Tae-yong: Sepak Bola Sudah Berkembang

“Masyarakat juga dapat mempersiapkan diri dan lingkungannya dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir longsor sesuai dengan prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika,” ujar Wiku.

Sedangkan pemerintah daerah diminta untuk memastikan lokasi wisata di daerah memiliki protokol kesehatan yang baik.

“Pemerintah daerah juga bisa melakukan pembatasan kapasitas lokasi wisata maksimal 50 persen dari total pengunjung dan bekerjasamalah dengan penyelenggara fasilitas wisata, optimalkan satuan tugas daerah dan fasilitas kesehatan yang ada,” tambahnya.

Sedangkan pedoman lanjutan mengenai perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat mengacu surat edaran Menteri Agama tentang panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan rumah ibadah. (Red)