Ridwan Kamil: Wisatawan di Garut akan di Tes Usap

JABARNEWS | GARUT – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, telah menyiapkan petugas khusus untuk melakukan tes cepat maupun tes usap secara acak terhadap wisatawan yang hendak berwisata ke Kabupaten Garut untuk mendeteksi penyebaran wabah COVID-19 sehingga tidak terjadi lonjakan kasus di Garut setelah musim libur panjang.

“Polisi dan Satgas akan patroli dan ada di titik lalu lintas, dan nanti rapid test acak dan swab test acak untuk memastikan tamu-tamu yang ke Garut saat disampling bersih dari COVID-19,” kata Ridwan Kamil saat kunjungan kerja di Kabupaten Garut, Selasa (27/10/2020).

Baca Juga:  BKKBN Jabar Sebut Angka Kehamilan Naik Karena Pelayanan KB Terganggu Selama Pandemi

Ia menuturkan, tim yang melakukan pemeriksaan kesehatan secara acak itu untuk mendeteksi secara dini bahwa hasil tes cepat tidak ada orang atau wisatawan dalam kondisi terpapar positif COVID-19.

Upaya itu, lanjut dia, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus positif COVID-19 di Kabupaten Garut setelah musim libur panjang.

“Kami khawatir yang datang bawa Covid, nanti kasus Garut yang saat ini sedang diperjuangkan, nanti naik drastis lagi, maka antisipasinya itu,” katanya.

Baca Juga:  Saat Rizieq Shihab Pulang, Ridwan Kamil: Kenapa Peristiwa di Bandara Tidak Diperiksa?

Ia menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jabar terus berupaya melakukan pencegahan dan memperketat penerapan protokol kesehatan untuk menekan kasus penularan wabah COVID-19 di berbagai kota/kabupaten di Jabar.

Khusus menghadapi libur panjang saat ini, kata Emil, telah ditetapkan Siaga 1 untuk memantau dan melakukan pemeriksaan di beberapa jalan utama yang dilewati pemudik atau wisatawan dari arah kota besar.

“Nanti malam sudah Siaga Satu di jalan-jalan di Jabar terkait jalur mudik selama libur panjang,” katanya.

Baca Juga:  DPRD Jabar Jajaki Kolaborasi Sister City dengan Delegasi Guangxi

Selain upaya pemerintah, kata Ridwan Kamil, seluruh elemen masyarakat juga harus ikut membantu melakukan pencegahan penularan COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan seperti wajib pakai masker, rajin cuci tangan, dan tidak berkerumun.

Kasus COVID-19 di Jabar, kata Emil, masih terjadi dan belum diketahui kapan berakhirnya, untuk itu semua pihak harus selalu waspada dan tetap menjaga kesehatan.

“COVID-19 belum selesai. Jangan lupa selalu pakai masker,” katanya. (Red)