Kapolresta Cirebon Pantau Arus Kendaraan Libur Panjang di GT Palimanan

JABARNEWS | CIREBON – Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi memantau arus kendaraan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW di Gerbang Tol (GT) Palimanan Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Rabu (28/10/2020).

Suasana arus kendaraan di GT Palimanan Tol Cipali sendiri tampak ramai lancar. Namun, peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah mulai terlihat sejak pagi.

Kombes Pol M. Syahduddi, memastikan tidak ada penumpukan arus lalu lintas di GT Palimanan meski ada peningkatan volume kendaraan. Menurutnya, antrean kendaraan di GT Palimanan juga belum mencapai 1 km.

Baca Juga:  Bupati Sergai Apresiasi PT Aquafarm Gelar Rapid Test Massal

“Hingga siang ini terlihat ada peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah, tetapi masih dalam kendali petugas di lapangan,” katanya.

Ia mengatakan, jajarannya juga telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas saat terjadinya penumpukan volume kendaraan. Hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan, ketertiban, keselamatan, dan kelancaran arus kendaraan di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Selain itu, rekayasa lalu lintas telah disiapkan saat arus kendaraan di GT Palimanan mengalami kepadatan. Jika arus lalu lintas mulai padat, maka kendaraan akan dikeluarkan di gerbang tol sebelumnya.

Baca Juga:  Gunung Sinabung Erupsi, Tiga Desa Ini Hujan Debu Vulkanik

“Kalau di GT Palimanan Tol Cipali ini padat, nanti kendaraannya dikeluarkan di GT Sumberjaya. Rekayasa ini juga berlaku saat terjadi kepadatan arus kendaraan di gerbang tol lainnya di wilayah Kabupaten Cirebon,” ujarnya.

Kendaraan akan dikeluarkan dari jalur tol di GT Plumbon Tol Palikanci dan diizinkan masuk kembali setelah melintasi wilayah Kabupaten Cirebon. Syahduddi menyampaikan, rekayasa arus lalu lintas tersebut akan bekerja sama dengan Polres sekitar.

Baca Juga:  Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Di Depot Pengisian Air Minum

“Rekayasa ini akan diterapkan ketika antrean kendaraan di gerbang tol mencapai 1 – 5 km, dan akan dinormalkan kembali saat arus lalu lintasnya sudah terurai atau antreannya habis,” katanya.

Hingga kini, jumlah kendaraan yang melintas dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah di GT Palimanan Tol Cipali mencapai 1500 – 2000 unit perjamnya. Pihaknya juga telah menyiagakan personel untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas di jalur tol. (Arn)