Bupati dan Lanal Cirebon Monitoring Wilayah Pantai, Ada Apa?

JABARNEWS | CIREBON – Bupati Cirebon, Imron Rosyadi bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, melakukan monitoring wilayah pantai Cirebon, Selasa (27/10/2020).

Kegiatan ini difasilitasi Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon, dengan menyiapkan 2 Kapal Laut berkapasitas masing-masing 25 hingga 40 orang.

Monitoring tersebut, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dimana seluruh peserta monitoring wajib mengikuti rapid test yang disediakan oleh Dinas Kesehatan.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi menjelaskan, monitoring dilakukan untuk mengetahui banyaknya aset, serta sumber daya perikanan dan nelayan yang ada di kabupaten Cirebon.

Baca Juga:  Dari 666 Peserta, 523 Orang Lulus Bintara Polri 2018

“Selain itu saya ingin mengetahui lebih dekat aktifitas nelayan dan masyarakat pesisir, kemudian membagikan paket sembako,” katanya.

Bersama Forkopimda Kabupaten Cirebon, Imron mengatakan juga membagikan bantuan kepada nelayan. Ada sebanyak 1.885 sembako yang akan didistribusikan kepada nelayan.

“Tadi ada sekitar 20 paket yang dibagikan di tengah laut. Sedangkan nanti sisanya di darat,” katanya.

Setelah melakukan monitoring pantai, Imron mengaku takjub dan bangga dengan potensi pantai yang dimiliki oleh Kabupaten Cirebon. Bahkan, Imron juga sempat berdialog langsung dengan para nelayan di tengah laut.

“Tadi saya lihat langsung nelayan mencari ikan. Ada yang sudah dapat dan ada yang belum,” katanya.

Baca Juga:  Ini Zona Merah Covid-19 di Depok dengan Kasus Tertinggi

Dalam penelusuran pantai ini, Imron juga mendapatkan informasi, bahwa garis pantai yang masuk wilayah Kabupaten Cirebon, mencapai 100 Km lebih.

Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh Forkopimda, untuk bisa bersama membangun Kabupaten Cirebon, terutama bisa memanfaatkan potensi pantai yang dimiliki.

“Agar nantinya bisa membantu para nelayan juga,” jelas Imron.

Sementara Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Letkol Laut (P) Afif Yuhadi mengatakan, Negara Indonesia merupakan Negara laut, sehingga pemerintah harus melihat laut, untuk mengetahui kemajuan Negara, khususnya Pemerintah Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:  Silaturahim dengan Jokowi, Caketum HIPMI Ini Minta Restu

Pihaknya berharap agar Pemkab Cirebon, turut serta menjaga keamanan di laut, dengan membantu pengadaan kapal patroli, kemudian secara rutin melakukan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat nelayan, dimana hal itu bisa bekerjasama dengan Angkatan Laut, yang memiliki program Pembinaan Desa Pesisir.

“Sesuai Undang-undang TNI Nomor 34 tahun 2004 yang menyebutkan tugas TNI membantu pemerintah daerah dalam OMSP atau Operasi Militer Selain Perang, TNI yang memiliki Moto dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat, senantiasa mendarmabaktikan dan mewakafkan jiwa raga untuk masyarakat,” katanya. (Arn)