Tips Menghindari Penularan Covid-19 di Keluarga

JABARNEWS | BANDUNG – Klaster keluarga semakin bertambah akibat salah satu anggota keluarga menularkan Covid-19 pada yang lain. Dengan potensi penyebaran virus corona di rumah yang dihuni sebuah keluarga, tentunya penting bagi anak maupun orang tua untuk berjaga-jaga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan apa yang dimaksud? Situs CDC dan Mayo Clinic pun menyebutkan beberapa di antaranya.

Mandi usai beraktivitas di luar rumah – Di era new normal pandemi Covid-19 ini, banyak orang sudah beraktivitas di luar rumah. Namun, tetap penting untuk menjaga keluarga di rumah sepulang dari berkegiatan. Salah satu caranya dengan langsung mandi sesampainya di rumah. Sebaliknya, jangan sekalipun menyentuh benda-benda ataupun keluarga di rumah sebelum dipastikan semuanya bersih dan bebas kuman.

Baca Juga:  Disebut Macan Mengeong, Prabowo Subianto: Sudah Ada yang Ngurusin...

Menerapkan cara batuk dan bersin yang benar – Apabila sedang dalam kondisi tidak enak badan, misalnya flu, pastikan Anda mengerti etika batuk dan bersin yang benar, dilakukan dengan cara menutup area mulut dan hidung menggunakan tisu atau mengarahkan wajah ke lengan. Jangan lupa pula pakai masker jika dibutuhkan untuk mencegah klaster keluarga.

Baca Juga:  Jelang Masa Jabatan Berakhir , Ini Pesan Plt Bupati Subang

Lebih tegas menerima tamu – Tak bisa dipungkiri, rasa rindu dengan saudara dan teman-teman pasti ada sebab selama pandemi memang sulit bertemu mereka. Hal ini membuat Anda sesekali melonggarkan pertemuan dan kunjungan orang-orang tersayang ke rumah. Padahal, perlu dipahami kita tidak pernah tahu apakah mereka dalam kondisi sehat atau tidak. Apabila salah satu tamu yang datang positif Covid-19, itupun meningkatkan risiko seluruh anggota keluarga terjangkit pula. Untuk itu, selama pandemi ini lebih tegaslah dalam menerima kunjungan.

Baca Juga:  Jelang Lawan Curacao, Pemain Timnas Indonesia Mulai Berlatih di Bandung

Selalu jaga imunitas tubuh – Setiap anggota keluarga bertanggung jawab atas imunitas tubuh masing-masing sebab kekebalan tubuh berperan penting dalam melindungi diri dari risiko penularan Covid-19. Ada baiknya anak maupun orang tua sama-sama mengonsumsi makanan yang bergizi, minum vitamin, hingga rajin berolahraga. Seluruhnya berkontribusi dalam menjaga imunitas supaya jika skenario terburuk salah satu anggota keluarga menjadi pembawa virus corona, tak ada orang serumah yang terjangkit Covid-19. (Red)