Antisipasi Penyebaran Covid-19, KBB Gelar Tes di Tempat Wisata

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat di Provinsi Jawa Barat menggelar pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi penularan Covid-19 pada wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat wisata di kawasan Lembang selama libur panjang akhir Oktober 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Hernawan Widjajanto mengatakan, pemeriksaan kesehatan wisatawan itu merupakan bagian dari upaya menekan potensi peningkatan penularan Covid-19 semasa libur panjang.

Baca Juga:  Personel Polwan di Garis Depan Amankan Aksi Demo di Purwakarta

“Hari pertama tes cepat di Lembang Park and Zoo dulu. Tes cepat dilakukan secara acak kepada wisatawan. Ini salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19 di kawasan wisata,” kata Hernawan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (29/10/2020).

Menurut dia, Dinas Kesehatan menyiapkan 1.000 alat tes diagnostik cepat untuk melakukan pemeriksaan di tiga tempat wisata.

Baca Juga:  Presiden PKS Ahmad Syaikhu Raih Penghargaan Rising Star of Democracy

“Jadi setiap destinasi wisata rata-rata dapat jatah 300 buah alat. Itu untuk pengunjung dan karyawan,” katanya.

Dinas Kesehatan akan melakukan tes cepat Covid-19 selama tiga hari hingga Sabtu (31/10/2020) di Lembang Park and Zoo, Terminal Wisata Grafika Cikole, dan Lereng Anteng.

Baca Juga:  Aa Gym: Jenazah Covid-19 Harus Dimuliakan

Kalau hasil pemeriksaan menunjukkan ada petugas atau wisatawan yang terindikasi tertular virus corona, Hernawan menjelaskan, maka Dinas Kesehatan akan melakukan pemeriksaan lanjutan.

Orang yang terindikasi tertular Covid-19 dan orang yang pernah melakukan kontak erat dengan mereka juga akan diminta menjalani karantina.

“Kita bawa yang bersangkutan untuk isolasi, meminimalisir penyebaran juga,” kata Hernawan. (Ara)