aqua

Yuk, Baca Ini Agar Tidak Gagal Paham Soal Persidangan Daring

Bulan lalu Mahkamah Agung telah menerbitkan Perma Nomor 4 Tahun 2020 yang memberikan payung hukum bagi pelaksanaan persidangan secara elektronik bagi perkara pidana, pidana militer dan jinayat.

Ilustrasi- Persidangan Daring. (Foto: Antara)

JABARNEWS | BANDUNG - Soal pemanfaatan teknologi untuk persidangan, Mahkamah Agung sudah mempunyai terobosan sejak dua tahun lalu untuk perkara perdata, perdata agama, tata usaha militer dan tata usaha negara.

Untuk pencari keadilan dengan perkara jenis itu, gedung pengadilan bukan satu-satunya yang harus dituju, melainkan dapat juga mengakses aplikasi peradilan elektronik atau e-Court. Bahkan yang terbaru, Mahkamah Agung telah menambahkan fitur untuk upaya banding.

Baca Juga:

DPRD dan Gubernur Setujui Tiga CDOB di Jabar

Debat Terakhir Pilkada Depok: Tema, Hingga Mohammad Idris Tampil Virtual



Mengikuti terobosan untuk bidang administratif itu, Mahkamah Agung setahun kemudian meluncurkan e-Litigasi yang pertama diberlakukan untuk lingkungan peradilan umum, agama dan tata usaha negara. Tidak disangka kemudian pandemi terjadi, sehingga pemanfaatan teknologi semakin mendesak untuk dimanfaatkan dalam sidang, khususnya perkara pidana yang pelaksanaannya tidak dapat ditunda menunggu pandemi usai.

Untuk pelaksanaan persidangan melalui telekonferensi guna melindungi tersangka/terdakwa dari ancaman penyebaran COVID-19, Mahkamah Agung melakukan perjanjian kerja sama dengan Kejaksaan Agung serta Kementerian Hukum dan HAM pada April 2020. Setelah adanya perjanjian itu, pengadilan, kejaksaan dan rumah tahanan dengan cepat beradaptasi dengan menggelar sidang daring untuk terdakwa yang masa penahannya tidak dapat diperpanjang lagi.

Namun, disadari sidang secara elektronik untuk perkara pidana menemui kendala yuridis lantaran Undang-Undang Nomor 8 Tahun tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) tidak mengatur hal tersebut.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5
Tags : Mahkamah Agung Sidang Online Persidangan Daring Peraturan Mahkamah Agung Kejaksaan Agung Kementerian Hukum dan HAM Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Ada Bakso Kelapa Muda di Purwakarta, Ini Lokasinya

Viral! Tukang Bakso Mas Nasib Ditendang Oleh Pembelinya

[INFOGRAFIS] Sebelum Ada Vaksin, Mari Jaga Diri Dengan 3M

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi