Satgas COVID-19 Akan Luncurkan Aplikasi Pantau Penerapan Prokes

JABARNEWS | JAKARTA – Pandemi COVID-19 belum masih terus berlangsung. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 akan menggunakan aplikasi monitoring perubahan perilaku untuk memantau kepatuhan warga menerapkan protokol kesehatan.

“Kami butuh melihat protokol kesehatan secara realtime, terintegrasi, dan sistematis. Maka lahirlah sistem monitoring perubahan perilaku,” kata Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas COVID-19 Dr. Dewi Nur Aisyah dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Aplikasi monitoring yang akan segera diluncurkan tersebut akan mendukung upaya pemantauan untuk mengetahui tingkat kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan serta motivasi melakukannya.

Baca Juga:  Lima Juta Pemakai Narkoba Ada Di Indonesia

Data perilaku warga menjalankan protokol kesehatan yang dikumpulkan menggunakan aplikasi tersebut akan menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun strategi intervensi untuk meningkatkan kepatuhan warga terhadap protokol pencegahan COVID-19.

“Jadi kita ingin mengubah yang awalnya terjadi kondisi darurat kesehatan masyarakat menjadi ketahanan kesehatan masyarakat. Jadi ini yang ingin kita ubah,” jelas Dewi.

Ia mengatakan upaya pengendalian COVID-19 menuntut kedisiplinan tinggi dari individu maupun masyarakat menjalankan protokol kesehatan seperti, pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.

Oleh karena itu, Satgas ingin secara langsung memantau perilaku warga dalam menjalankan protokol kesehatan dengan dukungan aplikasi monotoring. Ia menambahkan duta perubahan perilaku serta aparat TNI dan Polri yang secara langsung memantau kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan di tempat umum, seperti pasar, tempat ibadah, tempat wisata, pusat perbelanjaan, hingga tempat berolahraga akan mendukung pengoperasian sistem pemantauan tersebut.

Baca Juga:  Pemerintah Purwakarta Segera Luncurkan Pojok Aparatur, Ini Manfaatnya

Selain melakukan pengawasan, mereka akan melakukan penyuluhan mengenai protokol pencegahan COVID-19 serta survei untuk mengetahui motivasi warga menjalankan protokol kesehatan.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19, Dr. Sonny Harry Harmadi, mengatakan sistem tersebut akan membantu upaya mengamati perubahan perilaku masyarakat.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca: Beberapa Wilayah Jabar Ini Potensi Hujan dan Petir

“Aplikasi ini sangat membantu untuk mengamati, memonitor, dan mengevaluasi bagaimana perubahan perilaku di masyarakat secara real time,” katanya.

Ia mengatakan pemantauan dan edukasi masif dibutuhkan dalam upaya membangun kesadaran warga menjalankan protokol kesehatan 3M. Oleh karena itu, sistem monitoring penerapan protokol kesehatan juga mencakup upaya edukasi kepada masyarakat.

“Jadi, dalam jangka pendek kita ingin memutus rantai penularan dan mengakhiri pandemi, dalam jangka panjang kita ingin membiasakan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat,” kata Sonny. (Red)