Rapid Test Acak Wisatawan di Lembang, Seorang Reaktif Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Seorang wisatawan di Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) Lembang dinyatakan reaktif Covid-19, usai mengikuti tes rapid secara acak pada Jumat (30/10/2020).

Rapid test itu digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) bekerja sama dengan sejumlah pengelola wisata yang ada di Lembang selama libur panjang Maulid Nabi pada akhir Oktober ini.

General Manager TWGC Sapto Wahyudi mengatakan, rapid test dilakukan secara gratis untuk pengunjung atau karyawan objek wisata. Petugas keamanan juga memeriksa suhu tubuh para pengunjung.

Baca Juga:  BRI Bagi-bagi Hadiah Dalam Program Britama FSTVL

“Betul ada satu orang yang reaktif, dari total 120 orang yang ikut rapid test. Yang bersangkutan juga sudah langsung dilakukan swab oleh Dinkes,” kata Sapto.

Sapto menyampaikan, rapid test bagi para pengunjung di TWGC baru dilakukan untuk kali pertama. Rapid test tersebut tidak wajib bagi seluruh pengunjung, melainkan hanya untuk yang bersedia.

Baca Juga:  Tutup Pabrik, Nissan Ucapkan Selamat Berpisah Pada Indonesia

“Tidak ada paksaan kepada pengunjung untuk mengikuti rapid test, tapi kami harapkan penginjung mengikutinya. Beberapa pengunjung sadar dan antusias dengan rapid test ini,” katanya. 

Seorang pengunjung, Dewi mengaku tertarik untuk mengikuti rapid test, karena selama ini dia belum pernah melakukan pengetesan Covid-19. Dia pun mengapresiasi pelaksanaan rapid test tersebut

Baca Juga:  Masker Scuba Jadi Alternatif Saat Corona, Seberapa Efektif?

“Bagus buat antisipasi penularan Covid-19. Saya juga sudah optimistis hasilnya akan baik, karena saya cukup ketat akan protokol kesehatan,” kata wisatawan asal Bekasi itu. 

Terpisah, Sekertaris Dinkes KBB Nanang Ismantoro mengatakan, sebelumnya rapid test juga dilakukan di tempqt wisata ini Lembang Park & Zoo. Rapid test dilakukan kepada 49 orang, dengan hasil nonreaktif semua. (Yoy)