aqua

Jabar 'Juara Korupsi' Sebuah Prestasi di Alam Demokrasi

Tawati. (Foto: Dok. Pribadi)

Penulis: Tawati (Muslimah Revowriter Majalengka dan Member Writing Class With Hass)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat Jawa Barat menjadi provinsi dengan tingkat kasus korupsi tertinggi di Indonesia sejak 2004 hingga kini. Hal itu diungkapkan Ketua KPK, Firli Bahuri dalam webinar Pilkada bersama Menteri dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Ketua Pelaksana Harian (Plh) KPU Ilham Saputra, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan.

Baca Juga:

Berikut, Jenis Makanan Pembenteng Tubuh dari Virus Corona

Ini Kabar Gembira untuk Guru Ngaji di Kota Bogor



Firli menyebutkan dari sejumlah perkara korupsi, kasus suap menjadi praktik rasuah terbanyak yakni 704. Kemudian, disusul korupsi pengadaan barang dan jasa dengan 224 kasus, penyalahgunaan anggaran 48 kasus, tindak pidana pencucian uang (TPPU) 36 kasus, pungutan (pungli) 26 kasus, perizinan 23 kasus, dan merintangi proses penyidikan KPK 10 kasus. (CNNIndonesia, 20/10/2020)

Jabar dengan tingkat korupsi tertinggi sehingga mendapat gelar juara korupsi adalah sebuah prestasi yang hanya terjadi di alam demokrasi. Praktek suap menyuap dan korupsi agaknya kian tumbuh subur di sistem ini. Mahalnya ongkos politik ditengarai pemicu jalan bagi para caleg melakukan korupsi dan menyuap menjadi salah satu jalan demi menduduki kursi jabatan yang diinginkannya.

Padahal, faktanya korupsi dapat menyebabkan kerugian negara bahkan bisa berimbas kepada rakyat. Pemimpin yang menjabat misalnya, akan melakukan korupsi untuk mengembalikan “modal” politik yang telah dikeluarkannya. Alhasil, petinggi negeri kian kaya raya, sedangkan rakyat miskin akan menerima nasib semakin miskin karena ulah mereka.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5
Tags : Juara Korupsi Provinsi Jawa Barat KPK Komisi Pemberantasan Korupsi Kasus Korupsi Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Waduh, Lonjakan Kasus Covid-19 di Bandung Cukup Darurat

MUI Bahas Empat Fatwa di Munas ke-10

Tiga Warga Petamburan Kabur Setelah Dinyatakan Reaktif

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi