Satu Tahun Jokowi-Ma’ruf, Kemenkop UKM: Sukses Jalankan Ekonomi Kerakyatan

JABARNEWS | BANDUNG – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Rully Indrawan mengatakan satu tahun kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf telah sukses menjalankan ekonomi kerakyatan.

Ekonomi kerakyatan yang dimaksud adalah pelaku usaha nasional yang termasuk di dalamnya UMKM yang memiliki kontribusi penting dan strategis.

“Harus kita akui bahwa UMKM terkena dampak luar biasa di tengah pandemi, di mana 90 persen mengalami kemandegan dan 50 persen diantaranya mengalami kesulitan finansial,” kata Rully di Hotel Aryaduta Bandung, Jumat (30/10/2020).

Baca Juga:  Polisi Tangkap Menteri Pendidikan Khilafatul Muslimin, Tugasnya Ini

Dia menjelaskan, APBN dan ekonomi penting di luar kesehatan dan jaring pengaman sosial, di mana UMKM perlu mendapat pinjaman baru, bantuan LPDB untuk koperasi adalah langkah yang bisa dilakukan.

Baca Juga:  Peduli Sesama, Alumni MTsN Purwakrta Angkatan 96 Santuni Anak Yatim dan Jompo

Sejak tahun 2008, lanjut Rully, ada 18 Kementerian yang berkerja sama untuk mengurus UMKM untuk saling bersinergi dalam mengerjakan banyak hal.

“UMKM telah menghidupi jutaan masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari hari, namun saat ini menjadi yang terdampak luar biasa, sehingga tidak ada waktu untuk berleha-leha,  perlu sebuah tindakan,” jelasnya.  

Baca Juga:  Ujang: Jangan Ada Lagi Puskesmas Kosong Di Kuningan

Rully juga berharap bahwa UMKM akan kembali bangkit, begitupun dengan koperasi yang perlu diperkuat dengan digitalisasi sehingga memberikan penguatan untuk skala usaha menengah. 

“Kami juga berterimakasih kepada ketua Bappenas yang menyampaikan bahwa akan komitmen pada tahun 2021, infrastruktur akan dikurangi dan energi akan difokuskan untuk UMKM,” tutupnya. (RNU)