BMKG: Waspada Hujan Petir Disertai Angin Kencang, Temasuk di Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah, Minggu (1/11/2020).

Prakiraan cuaca untuk wilayah Indonesia, 15 provinsi berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang.

BMKG menyebutkan, sirkulasi siklonik terpantau di Papua bagian tengah pada lapisan 925-850 hPa yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Papua Nugini bagian Tengah hingga Teluk Cendrawasih bagian Barat

Baca Juga:  Puspomal Gelar Vaksinasi dan Bagikan Sembako di Jatiluhur

Sirkulasi siklonik lainnya pada lapisan 925-700 hPa terpantau di Samudera Pasifik Timur Filipina dan Samuera Pasifik Barat Bengkulu.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi hujan di dekat sistem siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga:  Besok, Seminar Pencegahan Tindakan Korupsi Digelar Di Gedung Da'wah

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang: Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Maluku, Papua Barat, Papua.

Baca Juga:  Pagi Ini, Gempa Bumi Guncang Tapanuli Utara dan Mandailing Natal

Wilayah yang berpotensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang: Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Bangka Belitung, DKI Jakarta, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara. (Red)