Tjahjo Kumolo: Pemda Sering Ajukan Formasi CPNS Tanpa Kebutuhan Riil

Masih ada instansi pemerintah yang mengeluh karena formasi yang diajukan tetapi tak terisi setelah pelaksanaan rekrutmen CPNS.

Menpan-RB, Tjahjo Kumolo. (Foto: Antara)

JABARNEWS | JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meminta kementerian/lembaga (K/L) dan pemda mengajukan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) sesuai dengan kebutuhan riil instansi masing-masing.

Tjahjo menyebut pemda sering menyusun formasi CPNS yang tidak didasarkan pada kebutuhan riil.

Baca Juga:

Selamat Tinggal CPNS Formasi Guru, Ini Rencana Pemerintah

Tahun 2021 Penghasilan ASN Akan Lebih dari Rp 9 Juta



"Sering kali K/L khususnya pemda menyusun formasi atas dasar keinginan, bukan atas dasar kebutuhan nyata, sehingga pegawai yang direkrut tidak dapat didayagunakan secara optimal," ujar Tjahjo kepada wartawan di Jakarta, Minggu (1/11/2020).

Oleh karena itu, lanjut Tjahjo, masih ada instansi pemerintah yang mengeluh karena formasi yang diajukan tetapi tak terisi setelah pelaksanaan rekrutmen CPNS. Misalnya pada rekrutmen CPNS 2019 yang berlangsung hingga Oktober 2020.

Namun, pemerintah sudah meminta K/L dan pemda mengalihkan kebutuhan CPNS yang masih kosong tersebut kepada usulan formasi untuk rekrutmen tahun 2021 nanti.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Menpan-RB Tjahjo Kumolo Kemenpan-RB CPNS 2019 Formasi CPNS Kebutuhan CPNS Rekrutmen CPNS Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

BKKBN Jabar Raih Penghargaan WBK dari KemenPAN-RB

Pemerintah Tunda Rencana Pengumuman Cuti Bersama Desember 2020

SKB Tiga Menteri Direvisi, Libur Akhir Tahun Dikurangi

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi