Pengunjung Wisata Lembang Tak Capai Target Saat Libur Panjang, Apa Benar?

JABARNEWS | BANDUNG – Libur panjang akhir Oktober 2020 belum mampu mendongkrak angka pengunjung, di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Destinasi wisata Farmhouse, Floating Market, dan The Great Asia Africa, yang dinaungi PT Perisai Group menyebutkan ada beberapa penyebab kenapa belum terpenuhinya target jumlah pengunjung.

“Mungkin karena masih musim Covid-19, kemudian PSBB Jakarta ditambah, dengan setiap hari sering turun hujan,” kata Intan kepada wartawan di Bandung, Minggu (01/11/2020)

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini, Purwakarta Berpotensi Hujan Disertai Angin Kencang

Kemudian ada juga faktor seperti ajakan untuk tidak keluar rumah selama libur panjang agar meminimalisasi terjadinya penyebaran Covid-19.

Meski belum menyamai seperti sebelum adanya pandemi, namun pada libur panjang ini jumlah pengunjung naik sedikit dibandingkan pada saat adanya libur panjang sebelumnya.

“Kita prediksi kunjungan wisatawan di libur panjang kali ini bisa di angka 40-45 persen, tapi meleset. Syukur-syukur akhir tahun nanti pandemi sudah berakhir, kalau belum, ya mungkin kondisinya masih seperti ini,” kata Intan.

Baca Juga:  Skywalk Tahap II Ditargetkan Empat Bulan Selesai

Pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Parahu, Ruslan Kaban mengatakan, masa libur panjang akhir Oktober 2020 ini juga dirasa tidak seperti libur panjang sebelumnya.

“Sekarang kalau tak salah sudah tiga kali ada libur panjang (selama pandemi Covid-19), paling banyak pengunjung itu waktu libur panjang pertama,” katanya.

Manager Operasional Lembang Park and Zoo, Iwan Susanto mengatakan, jumlah pengunjung belum mencapai batas kapasitas sesuai aturan selama pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Ngeri, Di Karawang Ada Anak Kambing Terlahir Dengan Mata Satu

“Rata-rata antara 3.000 sampai 3.500 orang, padahal kita dibolehkan menerima pengunjung 50 persen dari total kapasitas tempat atau sekitar 5.000 pengunjung,” kata Iwan.

Meski begitu, pihaknya tetap mewajibkan pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan, di antaranya dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Di pintu masuk antre berjarak satu meter dan di lapangan ada imbauan juga agar setiap pengunjung wajib pakai masker,” katanya. (Red)