Ini Pesan Penting untuk Masyarakat yang Usai Libur Panjang

JABARNEWS | JAKARTA – Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat yang sudah kembali dari perjalanan libur panjang untuk segera melakukan uji tes cepat atau tes usap untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

“Satgas mengingatkan masyarakat yang sudah kembali dari perjalanan libur panjang untuk segera melakukan testing (tes cepat atau tes usap) dalam rangka mengantisipasi jika tertular,” ujar Wiku dalam konferensi pers virtual dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga:  Kasus Perudungan di Tasikmalaya Naik ke Penyidikan, Polda Jabar Dalami Perekam dan Penguplod Video

Wiku mengatakan apabila hasil tes positif, maka harus segera melakukan karantina di fasilitas yang telah ditetapkan pemerintah dengan mengikuti anjuran tenaga kesehatan, agar perawatan dapat berjalan efektif dan mempercepat kesembuhan, sehingga angka kematian dapat ditekan.

Satgas juga meminta masyarakat untuk betul-betul mendukung upaya 3T, yaitu testing, testing, treatment dengan bersikap terbuka ketika tracing (pelacakan) dilakukan.

Baca Juga:  Hari Anti Korupsi Dunia, Wakil Ketua KPK Beberkan Empat Aspek Ini

Menurut Wiku, keterbukaan masyarakat adalah kunci utama dalam melacak kontak terdekat sekaligus juga memastikan mereka memperoleh perawatan lebih dini dan lebih baik.

Lebih jauh dia mengatakan libur panjang berpotensi meningkatkan kasus positif Covid-19. Sebab tren kenaikan kasus positif pasca libur panjang pernah terjadi sebelumnya pada libur panjang Idul Fitri akhir Mei dan libur Hari Kemerdekaan bulan Agustus.

Baca Juga:  82 Orang di Cianjur Terjangkit HIV/AIDS Selama Bulan April, Kebanyakan Penyuka Sesama Jenis

“Oleh karena itu pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 telah mengadakan koordinasi baik sebelum maupun setelah libur panjang untuk mengantisipasi potensi kenaikan kasus positif, baik mulai dari pintu kedatangan maupun fasilitas kesehatan,” ujar dia. (Red)