Bamsoet Ajak Warga Terapkan Protokol Kesehatan

JABARNEWS | JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mencermati masih banyak publik yang tidak mematuhi protokol kesehatan pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan secara bersamaan atau menyeluruh.

Ia mendorong pemerintah untuk menemukan metode atau cara untuk menarik minat masyarakat untuk hidup sehat di masa pandemi COVID-19 sekaligus mendisiplinkan masyarakat.

Baca Juga:  Beri Bantuan Tambahan Modal, Presiden Jokowi: Jangan Digunakan Untuk Beli HP

“Saya mendorong pemerintah mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku masyarakat di masa pandemi COVID-19 secara integratif dan sistematis, serta terus memantau perkembangan penerapan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat dari berbagai kalangan dan tempat,” ujar Bamsoet.

Dia juga mendorong Satgas Percepatan Penanganan COVID-19, TNI, Polri, Satpol PP, hingga relawan untuk dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Sementara dalam memberikan sanksi terhadap pelanggaran protokol kesehatan harus mempertimbangkan kondisi psikologis dan sosiologis bagi pelanggar.

Baca Juga:  Tiga Hal Yang Bisa Kalian Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Emosi

“Agar masyarakat dapat memahami pentingnya menjaga kesehatan dengan mengimplementasikan protokol kesehatan 3M secara bersamaan dalam beraktivitas dan melakukan kegiatan sehari-hari, bukan hanya sekedar takut kepada pemberian sanksi semata,” ujarnya.

Baca Juga:  Polrestabes Bandung Ungkap 150 Kg Tembakau Gorila Siap Edar

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan perhatian terhadap bahaya yang mengancam dari COVID-19, baik bagi diri sendiri maupun dari dan bagi orang-orang di sekitar.

“Sehingga penting untuk mengimplementasi 3M secara bersamaan dan disiplin,” ujarnya. (Red)