Cuaca Ekstrem, Tempat Wisata di Pangandaran Sepi

JABARNEWS | PANGANDARAN – Kunjungan wisatawan ke Pantai Pangandaran selama musim libur panjang akhir pekan lalu menurun dibanding sebelumnya. Penyebabnya, kondisi cuaca ekstrem yang membuat warga enggan berwisata ke pantai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Untung Saeful Rachman mengakui hal tersebut. Selama libur panjang kemarin, kunjungan wisatawan mengalami penurunan dibandingkan libur panjang sebelumnya.

“Kunjungan wisatawan ke Pantai Pangandaran selama libur panjang memang menurun, tak seramai seperti libur sebelumnya. Kemungkinan karena melihat kondisi cuaca. Apalagi, akhir-akhir ini banyak kejadian bencana di daerah, termasuk di kawasan wisata. Jadi membatalkan wisatanya,” kata Untung dilansir dari Media Indonesia, Kamis (5/11/2020).

Baca Juga:  Jangan Sampai Telat! Disini Lokasi SIM Keliling Karawang Selasa 2 Mei 2023

Selain itu, jelas Untung, munculnya isu mengenai potensi gempa bumi megathrust di Pangandaran juga ditengarai membuat kawatir masyarakat berlibur ke sana. Namun yang membuat masyarakat enggan berlibur ke pantai karena hujan dan angin kencang yang terjadi saat ini.

“Dalam beberapa bulan ke depan kondisi cuaca di Jawa Barat diprediksi masih cukup ekstrem. Masyarakat yang ingin berlibur ke pantai harus mengetahui dulu cuacanya bagaimana. Hal ini untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Temukan Puluhan Botol Miras di Cafe

Untuk mencegah penyebaran wabah korona, ungkap Untung, Pemprov Jabar menerjunkan tim kesehatan untuk melakukan rapid test di lokasi wisata. Pengujian rapid tes dilakukan secara acak.

Sementara itu, Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan, pihaknya meminta masyarakat yang tinggal di pesisir pantai perairan utara dan selatan Jabar harus tetap selalu waspada. Karena, pada tanggal 5 sampai 10 November gelombang tinggi akan terjadi di bagian selatan dengan ketinggian 2 sampai 3,5 meter dan bagian utara 0,8 meter.

Baca Juga:  Angin Puting Beliung Hancurkan 278 Rumah di Cirebon

“Kami meminta agar warga yang melakukan aktivitas di pesisir pantai perairan selatan dan utara Jawa Barat, harus tetap waspada. Karena, gelombang tinggi tersebut akan terjadi selama enam hari ke depan dan masyarakat supaya selalu berhati-hati termasuknya harus tetap memperhatikan rambu keselamatan,” paparnya. (Red)