BLT UMKM Dapat Bangkitkan Ekonomi Nasional, Begini Kata DPRD Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM untuk pelaku usaha khususnya di Jawa Barat disambut positif. Pasalnya, bantuan sebesar Rp2,4 juta itu dikucurkan pemerintah untuk membangkitkan perekonomian nasional saat pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi II DPRD Jabar, Hilal Hilmawan menyambut baik program tersebut. Bahkan, dia menyebut masyarakat harus bisa mengoptimalkan batuan tersebut sebagai upaya dalam keikutsertaan dalam membangkitkan perekonomian nasional.

Baca Juga:  Cewek Abege Tertangkap Bawa Sabu

“Saya kira bantuan tersebut bagus ya, tinggal dimanfaatkan dan di kelola dengan baik saja oleh masyarakat,” kata Hilal di DPRD Jabar, Kamis (5/11/2020).

Dia mengimbau, pemerintah harus memastikan tidak ada kekeliruan dalam data penerimanya, sehingga bantuan ini dapat tersalurkan dengan baik dan masyarakat pun dapat membantu memulihkan perekonomian.

Baca Juga:  Belasan Warga Diduga Keracunan Akibat Pipa Gas PT IBR Bocor

Misalnya, lanjut Hilal, desa yang penduduknya sedikit mendapatkan bantuan lebih banyak dibandingkan dengan pendukunya banyak tetapi jatah bantuan UMKM nya lebih sedikit.

“Ya, jelas pendataannya harus betul biar tidak terjadi hal-hal itu mungkin itu akibat dari perumusan dan pendataan yang kurang matang sehingga timbul hal seperti itu,” ucapnya.

Baca Juga:  Ini Strategi bank bjb, Agar Tetap Tumbuh Positif di Tengah Pandemi Covid-19

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi Usaha Kecil (KUK) Jabar total pelaku usaha mikro Jawa Barat yang mendapatkan BLT UMKM mencapai 1.147.173 pelaku usaha mikro.

“Makanya saya selalu tekankan agar tepat sasaran pendataannya juga harus baik dan akurat, pengelolaan harus cermat biar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutupnya. (Rnu)