Pangdam Siliwangi Resmikan Barak Siaga untuk Pengamanan Presiden

JABARNEWS | BOGOR – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto meresmikan Barak Siaga Pam VVIP Korem 061/Surya Kancana di Jalan Jalak Harupat, Gang Kelor, Kota Bogor, Kamis (5/11/2020).

Barak Siaga Pam VVIP Korem 061/Surya Kancana itu untuk pengamanan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara. Dalam pembangunannya, TNI mendapatkan dukungan penuh dari Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

“Wali Kota Bogor telah memberikan dukungan dan bantuan untuk pembangunan Barak Siaga Pengamanan VVIP di wilayah Kota Bogor, berupa pembangunan 1 unit Barak Siaga tipe 325,” kata Nugroho.

Baca Juga:  Ketua DPR Pertanyakan Penonaktifan 5,2 Juta Peserta PBJ JKN-KIS

Selain itu, dia melanjutkan, dukungan dan bantuan dsri Bima Arya ialah pembangunan lapangan apel paving block seluas 617 meter persegi, dengan menggunakan dana sebesar 1,8 miliar, serta sarana atau prasarana pendukungnya.

Menurut Pangdam Siliwangi, barak siaga tersebut memudahkan tugas-tugas yang diemban oleh Korem 061/SK, yang cukup padat dan kompleks. Pasalnya, Korem 061/SK juga melaksanakan tugas rutin pembinaan teritorial.

Di samping pembinaan teritorial di wilayah Bogor, Sukabumi dan Cianjur, Korem 061/SK juga melaksanakan pengamanan VVIP, khususnya dalam mengamankan RI-1 beserta keluarganya di Istana Bogor. Kemudian, para pjabat negara dan tamu negara yang berkunjung.

Baca Juga:  Seorang Pria di Ciomas Bogor Cabuli Anak Berusia Empat Tahun, Pengakuannya Bikin Emosi

“Selama ini, prajurit yang melaksanakan pengamanan VVIP dan Istana Bogor, menempati barak yang kurang layak. Dengan telah selesainya pembangunan barak siaga ini, diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan operasional satuan,” katanya.

Keberadaan barak siaga yang baru itu pun, lanjut Nugroho Budi Wiryanto, diharapkan dapat meningkatkan moril prajurit dalam melaksanakan tugas pengamanan.

Baca Juga:  Hadapi Pilkada 2024, Demokrat Jabar Mulai Jaring Calon Kepala Daerah

Pangdam Siliwangi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan barak siaga tersebut. Kerja sama yang telah terjalin dengan baik dalam proses pembangunan diharapkan dapat lebih ditingkatkan lagi.

Nugroho Budi Wiryanto berpesan, Danrem 061/SK beserta jajarannya mesti menjaga dan memelihara barak siaga dengan baik, sehingga usia pakai dan nilai manfaat bisa optimal dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan. (Yoy)