Kota Sukabumi Siap Tingkatkan Kewaspadaan Bencana Hidrometeorologi

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mengatakan Kota Sukabumi akan meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi bencana hidrometeorologi.

“Sesuai arahan dari provinsi, maka kami siap mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi,” ujar Kepala Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami dikutip Kamis (5/11/2020).

Baca Juga:  Gara-gara Charger HP, Sebuah Rumah di Ciambar Sukabumi Kebakaran

Menurut Zulkarnain, potensi bencana hidrometeorologi yang terjadi misalnya angin kencang, banjir, dan longsor. Di mana sebagian wilayah kota dipetakan sebagai daerah rawan bencana tersebut.

Karena itu Zulkarnain mengungkapkan, peningkatan kewaspadaan menghadapi bencana harus ditingkatkan. Sehingga ketika terjadi bencana semua pihak bisa dengan cepat merespon dan menanggulanginya.

Baca Juga:  Delapan Pengeroyok Haringga Lakukan 16 Adegan Rekontruksi

Rencananya lanjut Zulkarnain, apel kesiapsiagaan menghadapi bencana tingkat Kota Sukabumi akan digelar pada Sabtu, 7 November 2020 mendatang. Momen ini menjadi sarana memperkuat kesiapasiagaan menghadapi bencana baik dari sisi personel maupun sarana dan prasarana.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menambahkan, kesiapsiagaan menghadapi bencana memang harus digencarkan. Terlebih pads saat ini intensitas hujan cukup tinggi dan rawan menyebabkan bencana.

Baca Juga:  Polisi Sita Ratusan Miras Oplosan Kemasan Plastik di Purwakarta

“Kami akan optimal menyiapkan segala upaya dan kemampuan menghadapi bencana hidrometeorologi,” kata Fahmi. Upaya ini dengan melibatkan unsur BPBD, relawan bencana, dan isntansi terkait lainnya baik Polri dan TNI. (Red)