Kecamatan Lembang Jadi CDOB Kota Lembang, Ini Alasannya

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Lembang menjadi salah satu daerah yang masuk sebagai Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) di Jawa Barat. Dari sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, Lembang diwacanakan menjadi sebuah kota.

Tokoh masyarakat Lembang sekaligus Wakil Ketua 1 Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah (Forkodetada) CDOB Kota Lembang, Kusna Sunardi mengungkapkan, Lembang sudah layak memisahkan diri dari Kabupaten Bandung Barat.

“Kami setuju dan mendorong pemekaran Kota Lembang. Ada beberapa faktor yang membuat rencana CDOB Kota Lembang ini jadi urgen, seperti demografi, ekonomi, sosial, dan politik,” kata Kusna, Kamis (5/11/2020).

Meaki begitu, dia mengakui, ada beberapa tahapan yang mesti dilalui sebelum CDOB Kota Lembang akhirnya disetujui, terutama soal pemekaran kecamatan di Lembang agar memenuhi prasyarat pemekaran daerah otonomi baru.

Baca Juga:  Janda Buruan Merapat, Ini Kota dengan Julmah Duda Terbesar di Jawa Barat

Oleh karena itu, menurut dia, pemekaran kecamatan perlu dirampungkan terlebih dahulu. Kecamatan Lembang bisa dimekarkan menjadi dua kecamatan, yakni Kecamatan Lembang dan Kecamatan Maribaya.

Di masing-masing kecamatan itu, kemudian akan memiliki delapan desa. Dengan demikian, ketika menjadi Kota Lembang, bakal ada Kecamatan Parongpong, Cisarua, Lembang, dan Maribaya sebagai kecamatan baru yang dimekarkan.

“Pemerintah daerah jangan dulu alergi CDOB, karena masih banyak tahapan yang perlu dilalui, terutama itu pemekaran kecamatan. Proses pemekaran ini sebetulnya sudah berjalan dua tahun, tapi belum ditindaklanjuti lagi oleh bupati,” terangnya.

Baca Juga:  Ada Rekrutmen CPNS Pada Maret 2019, Formasi 100 Ribu Orang

Menurut Kusna, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna tak perlu risau dengan wacana CDOB Kota Lembang mengingat proses pemekaran masih lama.

“Bupati tak perlu risau, karena proses DOB ini kan masih sangat lama. Bukan besok langsung memisahkan diri dari KBB. Memang perlu diakui, nantinya PAD KBB bakal merosot tajam karena sumber PAD KBB terbesar kan dari wisata Lembang,” jelasnya.

Jika memisahkan diri dari KBB, Kota Lembang nantinya bakal memiliki sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata dan sektor koperasi yang keberadaannya sangat penting.

Baca Juga:  Wisata Edukasi Nuklir Resmi Hadir di Bandung

Kecamatan Lembang merupakan wilayah paling utara di KBB. Lembang, dengan luas wilayah 95,56 kilometer persegi dan jumlah penduduk mencapai 196.690 jiwa. Data itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017.

Penduduk Lembang sebagian besar bermata pencarian sebagai petani, pedagang, buruh, dan lainnya. Namun Lembang dikenal sebagai wilayah yang memiliki potensi alam paling baik sehingga menjadi pusat pengembangan pertanian dan wisata.

Selain Kota Lembang, Forkodetada Jabar mengajukan pemekaran delapan wilayah CDOB lain, yaitu Kabupaten Cikampek, Kabupaten Bandung Timur, Kabupaten Garut Utara, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Subang Utara, Kabupaten Bekasi Utara, Kabupaten Cianjur Selatan, dan Kabupaten Cirebon Timur. (Yoy)