Musim Hujan, IDI Jabar Imbau Masyatakat Waspada Penyakit DBD

JABARNEWS | BANDUNG – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyakit virus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sewaktu-waktu bisa menyerang.

Ketua IDI Jabar, Eka Mulyana mengatakan, memasuki peralihan musim seperti saat ini, sejumlah penyakit sering menyerang masyarakat. Satu di antaranya, penyakut DBD, mengingat angkanya masih tinggi di Jabar.

Baca Juga:  Usai Kedatangan Lesti Kejora, Mawar De Jongh dan Raffi Ahmad, Penjualan D'Fashion Naik 80 Persen

“Masyarakat harus mulai mengawasi genangan serta penampungan air yang menjadi dan sarang nyamuk Aedes aegypti,” kata Eka saat dihubungi, Jumat (6/11/2020).

Dia menjelaskan bahwa DBD berpotensi di semua daerah, karena faktor utama penyebabnya yakni gigitan nyamuk. Oleh karena itu, Eka mengajak masyarakat untuk siaga, waspada, dan melakukan upaya pencegahan dengan pola hidup bersih.

Baca Juga:  Keributan Petugas Dishub Dengan Pengendara Mobil, Walikota Medan Minta Maaf

“Jangan membiarkan genangan air, membersihkan saluran air, rajin membersihkan diri, serta yang terpenting mengonsumsi makanan yang sehat,” jelasnya.

Tak hanya itu, Eka juga mengingatkan kepada masyarakat terkait gejala DBD seperti, demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala parah, mual dan muntah selama lebih dari 3 hari. Jika merasakan gejala tersebut, lanjut dia, segera memeriksakan kesehatan ke Puskesmas atau dokter terdekat.

Baca Juga:  Jelang Idul Adha, 28 Sapi dan 24 Kambing Mulai Disebar ke Pelosok Karawang

“Tak lupa saya menganjurkan langkah itu dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan perawatan yang lebih maksimal,” pungkasnya. (Rnu)