Ini Info untuk Para Jomblo yang Ingin Dapat Pasangan

JABARNEWS | BANDUNG – Mencari jodoh lewat layanan biro jodoh memang susah-susah gampang. Ada rasa takut dibohongi, khawatir dipermainkan, termasuk jika beda keyakinan. Mengenai kekhawatiran beda keyakinin, untuk yang beragama Islam, kini ada layanan biro jodoh khusus muslim.

Masing-masing calon pasangan tak perlu langsung bertemu. Sebab, teknologi telah mengubah cara kita mengekspresikan hubungan dan interaksi, termasuk mencari cinta di era digital. Sebuah platform pencarian jodoh online Hawaya kini hadir di Indonesia. Ini adalah layanan biro jodoh online khusus muslim yang berasal dari Mesir.

Sebelum resmi masuk ke Indonesia, Hawaya telah mensurvei sejumlah perempuan dan laki-laki muslim Indonesia yang berusia 20 sampai 40 tahun. Sebanyak 93 persen responden perempuan terbuka untuk menggunakan aplikasi perjodohan untuk mencari pasangan hidup. Sebanyak 87 persen dari mereka berharap menemukan seseorang dengan agama yang sama dan sejalan dengan harapan orang tua.

Baca Juga:  Baznas Ciamis Raih Indikator Penilaian IZN Tertinggi di Jabar

“Kami ingin mengajak dan menghubungkan setiap muslim yang berstatus lajang di Indonesia yang ingin saling mengenal satu sama lain secara lebih mendalam hingga menuju hubungan yang serius,” kata Sameh Saleh, Pendiri dan CEO Hawaya melalui keterangan tertulis, Sabtu (7/11/2020) dilansir dari laman Tempo.co.

Dia mengklaim Hawaya menerapkan proses pendekatan yang ilmiah, aman, dan diterima secara budaya.

Baca Juga:  10 Ribu Personil TNI-Polri Amankan Asian Games Di Jabar

Platform Hawaya, Sameh Saleh melanjutkan, dirancang untuk laki-laki dan perempuan muslim yang serius menjalin hubungan serta telah disesuaikan dengan budaya dan tradisi. Dia menyatakan Hawaya menjamin privasi dan keamanan penggunanya dengan menerapkan berbagai otentikasi. Salah satunya, sistem verifikasi selfie untuk mencegah profil palsu.

Hawaya juga menawarkan opsi kepada pengguna perempuan untuk mengaburkan foto profilnya. Ada juga fungsi keamanan ‘Guardian’ yang memungkinkan pengguna melibatkan orang yang dipercaya, misalkan teman atau anggota keluarga, dalam berkomunikasi sambil mengenal calon pasangan mereka.

Sameh Saleh menjelaskan, Hawaya hadir pada 2017 ketika dia ingin membantu saudara perempuannya mencari jodoh hingga menikah melalui platform tersebut. Sejak itu, Hawaya kian populer dan memfasilitasi ribuan orang dalam mencari jodoh hingga jenjang pernikahan. Hawaya kini ada di Mesir, Arab Saudi, Turki, Malaysia, Singapura, Jerman, Prancis, dan Kanada.

Baca Juga:  Pasca Pemilu 2024, EIGER Adventure Ajak Masyarakat Kembali Bersatu saat Momentum Ramadhan

“Kami memahami sebagian orang mungkin merasa tertekan dengan pertanyaan ‘kapan kawin?’. Seolah pernikahan adalah satu-satunya tujuan hidup. Namun kami juga menyadari terdapat berbagai tantangan dalam menemukan cinta di dunia modern ini. Dan bertemu secara online hanyalah permulaan dalam kisah cinta Anda,” ujarnya. (Red)