Simak, Ini Cara Aman Olahraga di Pusat Kebugaran saat Pandemi

JABARNEWS | BANDUNG – Olahraga memang dibutuhkan di masa pandemi Covid-19 untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, aktivitas fisik ini harus dilakukan dengan cara aman dan menerapkan protokol kesehatan.

David Prosser, Managing Director Fitness First Indonesia & Celebrity Fitness Indonesia, menjelaskan pembukaan klubnya telah dimulai secara bertahap. Di era pandemi Covid-19 ini pihaknya telah menyiapkan pengalaman latihan baru dengan tingkat keamanan dan kebersihan yang tinggi.

Timnya akan memperkenalkan beberapa protokol yang berfokus kepada aplikasi mobile untuk memungkinkan melakukan booking kelas grup kebugaran, jaga jarak, kebersihan pribadi, dan kebersihan fasilitas pusat kebugaran. Salah satu langkah terpenting yang dijalankan pemerintah dalam menganggulangi pandemi COVID-19 adalah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kedua brand telah meluncurkan aplikasi mobile di mana anggota dapat lebih awal melakukan pemesanan untuk slot kelas grup fitness. Aplikasi mobile akan mencatat pemesanan ini dan membantu para staf dalam menjaga kapasitas klub pada tingkat yang aman di 50 persen seperti yang disarankan peraturan pemerintah pusat mengenai kegiatan berkelompok sosial.

“Class booking lewat aplikasi mobile adalah cara yang efektif bagi kami dalam mengelola kebijakan pembatasan jarak sosial yang aman. Lebih dari ini, aplikasi kami sangat user friendly sehingga praktis dan nyaman bagi member untuk melakukan booking di luar klub,” kata Prosser.

Aplikasi mobile Fitness First dapat diunduh di App Store dan Google Play Store. Periode pemesanan kelas dibuka 46 jam sebelum kelas dimulai dan ditutup 5 menit sebelum kelas dimulai. Aplikasi mobile tersebut juga menyertakan fitur daftar tunggu dan penalti. Anggota akan masuk ke status tunggu ketika kelas yang mau dipesan sudah penuh. Daftar tunggu akan ditutup 60 menit sebelum kelas dimulai.

Baca Juga:  Tutup Pesantren Ramadhan, IPNU dan IPPNU Kecamatan Sukasari Gelar Santunan

Jika ingin melakukan pembatalan, anggota harus melakukan selambat-lambatnya 4 jam sebelum kelas dimulai jika dalam status pemesanan biasa dan selambat-lambarnya 5 menit sebelum kelas dimulai untuk pemesanan dengan status tunggu. Untuk mengurangi potensi ketidakhadiran, anggota yang tidak hadir di kelas sebanyak enam kali berturut turut dalam 30 hari akan dikenakan penalti tidak bisa melakukan pemesanan lewat ponsel selama tujuh hari.

Setelah pemesanan melalui aplikasi mobile, anggota dapat mengunjungi klub dan akan melihat protokol baru yang telah disiapkan untuk meneruskan kebijakan jaga jarak atau pembatasan jarak sosial di dalam klub. Semua anggota wajib menjaga jarak minimal 2 meter satu sama lain selama berolahraga di dalam studio dan 1,5 meter di semua area lain di dalam klub. Kegiatan sosial seperti latihan kontak dekat dan sesi foto bersama juga disarankan untuk tidak dilakukan saat ini.

Di dalam studio klub telah dipasang tanda-tanda di lantai untuk menetapkan titik yang dapat digunakan setiap anggota di kelas supaya pembatasan jarak dapat dicapai saat kelas berlangsung. Selain itu, beberapa peralatan seperti treadmill dan sepeda statis ditata ulang sehingga anggota hanya bisa menggunakan alat dengan posisi berselang-seling, di mana akan ada treadmill atau sepeda statis yang kosong untuk memberi jarak antara satu sama lain.

“Protokol baru kami akan memastikan bahwa kebijakan jaga jarak dipraktikkan di seluruh bagian klub, termasuk area latihan dan di dalam ruangan loker, di mana anggota hanya bisa menggunakan loker yang tidak ditandai tanda silang,” jelas Prosser.

Baca Juga:  Petugas Lapas Purwakarta Gagalkan Penyeludupan Narkoba, Begini Modus Pelaku

Seluruh anggota, staf, dan tamu wajib untuk dicek suhu tubuh sebelum masuk ke klub, di mana petugas akan menolak siapa pun yang memiliki suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat Celcius berdasarkan ketentuan pemerintah mengenai suhu badan maksimum untuk tubuh yang sehat. Untuk mengurangi kontak fisik saat pertukaran kartu anggota di pintu masuk, anggota dapat melakukan check-in dan check-out sendiri dengan memindai kartu ke mesin pemindai.

Member juga diwajibkan untuk menandatangani formulir pernyataan kesehatan sebelum dapat mulai berolahraga untuk menyatakan bahwa mereka dalam kondisi sehat, bebas dari gejala Covid-19, dan siap mengikuti semua protokol kebersihan klub.

“Anggota adalah bagian terbesar di klub kami dan staf sudah ditugaskan untuk menjalankan protokol baru, namun para anggota juga mempunyai peran penting untuk mengikuti pedoman kesehatan baru agar kebersihan dan keamanan klub dapat dicapai secara efisien dan konsisten,” tegas Prosser.

Selama beraktivitas, anggota wajib menjaga kebersihan pribadi dengan langkah-langkah seperti menutup mulut saat batuk dan bersin, melindungi wajah dengan masker sebelum dan sesudah sesi olahraga, serta rajin bersihkan tangan dengan sanitizer yang disediakan di beberapa titik di klub seperti di depan klub, dalam klub, dan ruangan loker. Selain itu, anggota juga disarankan untuk membawa handuk dan beberapa alat pelengkap olahraga seperti alas yoga, ayunan yoga, sarung tinju, dan alat suspensi.

Baca Juga:  Berikut Nama-Nama Korban Kecelakaan Maut di Ruas Tol Serdang Bedagai

Sebelum klub dibuka, inspeksi telah dilakukan untuk memastikan bahwa sistem listrik, mekanik, aliran air, AC dan filtrasi udara berjalan dengan lancar dan dalam kondisi prima. Untuk menjaga kebersihan alat kebugaran sehari-hari, staf dan member diwajibkan untuk membersihkan peralatan sebelum dan sesudah digunakan dengan disinfektan yang disediakan. Staf juga akan memastikan bahwa semua studio latihan dibersihkan di saat kelas selesai dan sebelum kelas selanjutnya dimulai.

Meskipun protokol kebersihan yang diterapkan sangat lengkap, namun beberapa fasilitas pusat kebugaran tetap tidak akan dibuka saat ini.

“Meskipun kami ingin memberi kenikmatan pengalaman olahraga yang lengkap tapi demi keselamatan member, kami telah memutuskan bahwa fasilitas sauna, steam room, dan kolam renang akan ditutup sementara sampai pemberitahuan lebih lanjut,” katanya.

Selain memperkenalkan protokol keselamatan untuk klub, David juga menjelaskan adanya ketersediaan program olahraga online, Home Sweat Home sebagai opsi latihan selama masa transisi ke new normal.

“Dengan menghadirkan kelas olahraga seperti Cardio, Dance, Strength Training, Yoga dan Zumba, Home Sweat Home adalah cara yang praktis bagi member untuk mulai berolahraga hari ini juga sambil menunggu klub kami untuk sepenuhnya dibuka kembali,” ujarnya.

Program ini juga menyajikan berbagai pre-recorded video olahraga yang bisa diikuti di platform media sosial Fitness First.

“Kami juga menyediakan tambahan enam video kelas olahraga setiap minggu untuk memotivasi member agar tetap aktif dan fit. Saat ini, media sosial kami telah dikunjungi lebih dari 1 juta pemirsa dengan jumlah views sebanyak 3 juta,” tambah Prosser. (Red)