JMN Channel


Satgas Sebut Mini Lockdown Lebih Cepat Tekan Kasus Covid-19

Konsep mini lockdown ini sudah diterapkan di Jawa Barat dan berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19 di kawasan-kawasan tertentu.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, mini lockdown terbukti lebih cepat menekan kasus corona. Konsep mini lockdown sama dengan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM), di mana hanya membatasi aktivitas di lingkup kecil yang menjadi sumber penularan Covid-19.

"Daerah-daerah tertentu yang lebih kecil, apakah itu di kecamatan atau bahkan kelurahan yang memang dari mana asal kasus itu berada dan dikendalikan mobilitas pendudukanya dan aktivitasnya di situ. Ternyata lebih cepat berhasil (kendalikan corona)," jelas Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (1/10/2020).

Baca Juga:

Soal Dugaan Perusakan Permukiman Warga, PT KCIC Penuhi Panggilan Komnas HAM

Walikota Bandung: Kondisi Ketua AKAR Sudah Sadar dan Bernafas Dengan Baik



Menurut dia, konsep mini lockdown ini sudah diterapkan di Jawa Barat dan berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19 di kawasan-kawasan tertentu. Atas dasar itulah, Presiden Jokowi juga mendorong daerah-daerah lainnya menerapkan PSBM yang fokus menangani di titik sumber penularan.

"Dengan kita mengendalikan seperti itu, maka daerah lain sekitarnya masih di kabupaten/kota yang sama atau provinsi yang sama tidak harus melakukan pembatasan berskala besar seperti yang lainnya mengingat kita harus menangani masalah pada titiknya," tuturnya.

"Bila titik itu selesai maka daerah aktivitas sekitarnya pun tidak terjadi penularan dari titik penularan tersebut," sambung Wiku.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Mini Lockdown Wiku Adisasmito Satgas Covid-19 Pakai Masker Jaga Jarak Cuci Tangan Pandemi Covid-19 Ingat Pesan Ibu Protokol Kesehatan 3M Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

IDI: Ada 640 Dokter Yang Gugur Selama Pandemi Covid-19

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi