JMN Channel


Kunci Menghambat Penularan COVID-19 adalah 3M dan 3T

Masyarakat diminta membayangkan COVID-19 sebagai musuh atau penjajah negeri di masa lalu.

Sosialisasi penerapan protokol kesehatan. (Foto: Antara)

JABARNEWS | BANDUNG - Tingginya kasus baru COVID-19 di Tanah Air memang membuat prihatin. Pakar kesehatan Prof. Dr. dr. Akmal Taher merekomendasikan strategi yang bisa dilakukan masyarakat dan tenaga medis untuk menekan atau bahkan menghentikan laju kasus COVID-19 di Indonesia dengan mengikuti 3M dan 3T.

"Masyarakat mengikuti 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan), bagian tenaga kesehatan 3T, yakni tracing (testing, treatment) atau mencari yang positif, tidak hanya menunggu, lalu tes. Kalau positif isolasi (pasien) sehingga tidak menularkan," kata Akmal, yang merupakan pakar bidang urologi.

Baca Juga:

Ada Kepala Dinas Dipanggil KPK, Bupati Cianjur: Jangan Dibesar-besarkan

Kasus Covid-19 Melandai, Ridwan Kamil Prediksi Awal 2022 Pariwisata Bisa Normal Lagi



Menurut Akmal, yang merupakan mantan Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, supaya seluruh masyarakat mau menerapkan 3M, tak cukup hanya diberi tahu tetapi perlu ada tindak lanjut agar 3M menjadi bagian perilaku di masyarakat. Komunitas bisa berperan menjangkau masyarakat melalui pendekatan masing-masing.

Penanganan pandemi COVID-19 di Vietnam mungkin bisa menjadi contoh. Masyarakat diminta membayangkan COVID-19 sebagai musuh atau penjajah negeri di masa lalu. Hal ini menjadi salah satu alasan tak ada transmisi lokal di Vietnam selama beberapa minggu terakhir.

Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi, pernah mengatakan masyarakat di sana patuh melaksanakan aturan pemerintah. Di sisi lain, pemerintah juga langsung mengambil langkah saat ada potensi penyebaran. Sejauh ini, Vietnam tercatat memiliki 1.069 kasus positif dengan 35 kematian dan 1.020 pasien berhasil sembuh.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : 3T Satgas Covid-19 Pakai Masker Jaga Jarak Cuci Tangan Pandemi Covid-19 Ingat Pesan Ibu Protokol Kesehatan 3M Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Puluhan Ibu Hamil di Serdang Bedagai Ikuti Vaksinasi Dosis Pertama

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi