Ini Lima Fakta Yang Terjadi Pada 10 November 1945 Sebagai Hari Pahlawan

JABARNEWS | BANDUNG – Sudah 75 tahun 10 November kita peringati sebagai Hari Pahlawan, yang dimana dalam tanggal 10 November tersebut ada banyak sekali peristiwa penting yang harus diketahui hingga turun-temurun, sebagai bentuk kita tidak pernah melupakan sejarah.

Pemerintah, pada tanggal 10 November 2020 sekarang ini telah menetapkan tema untuk memperingati Hari Pahlawan, yaitu; “Pahlawanku Sepanjang Masa”

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut PPKM Tidak Jauh Beda dengan PSBB di Jabar

Namun, sayangnya, hari peringatan di tahun 2020 sekarang ini kita tidak bisa leluasa dengan mengadakan berbagai macam kegaiatn seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi, meski begitu, tak menjadi halangan untuk tetap memperlajari sejarah dan mengenang jasa-jasa para pahlawan kita.

Dalam video ini, ada ada 5 fakta yang terjadi pada 10 November 1945 yang dirangkum oleh Jabarnews.com dan JMN Channel.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Bantu Pengobatan Bayi Tanpa Lubang Anus

Tambahannya, kita juga mengenang jasa Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno yang telah menetapkan 10 November sebagai hari pahlawan dan diperingati hingga saat ini.

Berikut tulisan Presiden Soekarno yang dilansir dari Tirto, pada Selasa (10/11/2020).

“Tiap kali kita merayakan Hari Pahlawan, 10 November, kita menyatakan supaya kita membangkitkan semangat seperti pada waktu 10 November 1945, di mana rakyat Kota Surabaya melawan tentara Inggris yang ingin menghukum dan menundukkan penduduk Kota Surabaya. Sebuah pertempuran besar yang terkenal secara internasional.”

Baca Juga:  Jadi Ujung Tombak Pembangunan, Uu Ruzhanul Ulum Fokus Majukan Ekonomi Desa

“Rakyat kampung-kampung Surabaya telah mengorbankan 20.000 jiwa penduduknya dan Inggris kehilangan serdadunya dalam pertempuran dengan senjata modern pada waktu itu.” (Red)