JMN Channel


Yuk, Kenali Lagi Gejala Covid-19 dan Cara Mencegahnya

Ada sejumlah gejala umum yang bisa digunakan untuk mendeteksi kemungkinan terinfeksi virus corona

Ilustrasi- Covid-19. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Gejala Covid-19 pada setiap orang tidak sama, tergantung kondisi kesehatan dan respons tubuh masing-masing. Meski demikian, ada sejumlah gejala umum yang bisa digunakan untuk mendeteksi kemungkinan terinfeksi virus corona, seperti disampaikan organisasi kesehatan dunia (WHO).

Meski demikian, siapa pun yang terpapar Covid-19 tidak perlu panik dan takut. Kasus sembuh yang terus bertambah menunjukkan penderita Covid-19 bisa kembali sehat. Sebagian besar orang yang terpapar virus corona akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih.

Baca Juga:

IDI: Ada 640 Dokter Yang Gugur Selama Pandemi Covid-19

Waduh! Warga Bekasi Gagal Ikut Vaksinasi, NIK KTP Dipakai WNA



Adapun gejala umum dari Covid-19 adalah demam, batuk kering, dan kelelahan. Sedangkan gejala khas yang bisa dialami adalah: rasa tidak nyaman dan nyeri, nyeri tenggorokan, diare, mata merah, sakit kepala, hilangnya indera perasa atau penciuman, ruam pada kulit atau perubahan warna pada jari tangan atau kaki.

Sementara itu, ada sejumlah gejala serius yang bisa terjadi, seperti kesulitan bernapas atau sesak napas, nyeri dada atau rasa tertekan pada dada, atau hilangnya kemampuan berbicara atau bergerak. Pasien dengan gejala serius sangat dianjurkan untuk segera mencari bantuan medis. Hubungi dokter atau fasilitas kesehatan sebelum mengunjunginya.

Sementara itu, orang dengan gejala ringan yang dinyatakan sehat harus melakukan perawatan mandiri di rumah. Perlu diingat rata-rata gejala akan muncul 5–6 hari setelah seseorang pertama kali terinfeksi virus ini, tetapi bisa juga 14 hari setelah terinfeksi.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Satgas Covid-19 Pakai Masker Jaga Jarak Cuci Tangan Pandemi Covid-19 Ingat Pesan Ibu Protokol Kesehatan 3M Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi